Home / Headline / DMI Akan Sosialisasi Penentuan Arah Qiblat Masjid

DMI Akan Sosialisasi Penentuan Arah Qiblat Masjid

Kegiatan Sosialisasi Hisab dan Rukyat
Kegiatan Sosialisasi Hisab dan Rukyat

Fakfak_ Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Fakfak, merencanakan akan mensosialisasikan penentuan arah qiblat, dengan mengunjungi masjid-masjid. Demikian disampaikan Ketua DMI Kabupaten Fakfak, Djamaluddin Leto, S.Ag. M.MPd.

“Kami akan bekerjasama dengan Kementerian Agama Kabupaten Fakfak, untuk mensosialisasikan penentuan arah qiblat, dengan mengunjungi masjid-masjid. Untuk tahap awal, kami akan mengunjungi masjid-masjid di sekitar kota Fakfak. Program ini akan kami jalankan berkelanjutan, sehingga diharapkan masalah arah qiblat dapat menyentuh sebagian besar masjid,” jelas Djamaluddin Leto.

Sosialisasi penentuan arah qiblat ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan sosialisasi hisab dan rukyat yang dilaksanakan beberapa waktu lalu. Dalam kegiatan yang diikuti oleh para takmir dan imam masjid tersebut, terungkap keinginan agar DMI menindaklanjuti dengan mengunjungi masjid dan melakukan penentuan arah qiblat secara langsung.

Penentuan arah qiblat dirasa perlu dilakukan, karena beberapa alasan. Selain karena ketepatan arah qiblat menjadi hal sangat krusial dalam ibadah sholat, juga masalah pergeseran arah qiblat sebagai akibat pergeseran lempeng bumi. Selain itu, penentuan arah qiblat disinyalir banyak yang belum paham.

Djamaluddin berharap, kegiatan yang akan menyita waktu cukup panjang ini, mendapat dukungan dari pemerintah daerah, utamanya dukungan pendanaan. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Mobil Akustik Masjid, Mendata Sound System Dan Status Masjid

Fakfak_ Salah satu dari 10 program unggulan DMI atau Dewan Masjid Indonesia, adalah pemeliharaan akustik ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *