Home / Headline / Lika Liku MTQ IX Di Tomage, Mencari Sinyal 4G Hingga Puluhan Kilometer

Lika Liku MTQ IX Di Tomage, Mencari Sinyal 4G Hingga Puluhan Kilometer

 

Berburu sinyal 4G tetap dilakukan meski harus menempuh perjalanan sejauh 20 Km lebih agar bisa memberikan informasi ke publik. Salah satu warnet jaringan wifi di SP 5 jalur 1 Bomberay. (Foto IF)

Reporter : Wahyu Hidayat
INFOFAKFAK.COM, TOMAGE, Inilah resiko beraktifitas di daerah yang masih “miskin” sinyal 4G. Demi mendapatkan sinyal 4G melalui jaringan wifi yang cukup bagus, wartawan harus menempuh perjalanan lebih dari 30an km untuk mencapai SP 6 di Distrik Bomberay, Kabupaten Fakfak, Papua Barat.

Meski di lokasi MTQ IX terdapat layanan wi-fi, namun karena dipergunakan oleh banyak orang dalam waktu yang relatif persamaan, maka jaringan tersebut tidak efektif dan cenderung lemot. Akibatnya, voucher yang terlanjur dibeli, menjadi kurang bermanfaat.

“Waduh, kirim gambar hanya putar-putar saja,” kata Ayu, wartawati media ini saat mencoba wifi.

Pengiriman berita berupa data dan suara akhirnya cukup lancar saat dilakukan di salah satu warnet di SP 6 Distrik Bomberay, yang menyediakan layanan wi-fi.

Kesulitan berkomunikasi melalui jarangan 4G, tidak hanya dialami oleh wartawan. Masyarakat, kafilah dan panitia pun mengalami kesulitan yang sama.

Cek sinyal hingga di pinggir jalan (Foto IF)

Tak hanya jaringan 4G yang terkendala. Untuk komunikasi suara juga mengalami kendala yang signifikan. Bahkan panitia pelaksana MTQ harus mencari jaringan yang cukup baik untuk bisa berkomunikasi melalui hp, pada titik titik tertentu, semisal di pinggir jalan, dibawah pohon, atau mepet temnok rumah.

Tak ayal, kesulitan komunikasi ini berpengaruh pada koordinasi antar panitia pelaksana MTQ.

Lokasi pelaksanaan MTQ IX di SP 1 Distrik Tomage sendiri, diperkirakan berjarak 180an Km dari Kota Fakfak, rata-rata ditempuh dalam waktu 4 jam dengan kecepatan sedang. ***

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Dua Orang Ditahan, Diduga Eksploitasi ABG Di Cafe Bar

Reporter : Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Fakfak, Jumat, 30 Juli ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *