Home / Fakfak News / Kesehatan / Denda Uang Karena Tak Pakai Masker, Tunggu Kesiapan Administrasi

Denda Uang Karena Tak Pakai Masker, Tunggu Kesiapan Administrasi

Hukuman fisik berupa push up diberikan kepada masyarakat yang kedapatan tidak mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah. (Foto IF)

Reporter : Wahyu Hidayat
INFOFAKFAK. COM, FAKFAK_ Penerapan sanksi denda administratif bagi masyarakat yang melanggar protokol kesehatan, masih menunggu kelengkapan administrasi, dalam hal ini kwitansi dari Pemerintah Kabupaten Fakfak.

Demikian disampaikan Eko Budi, Koordinator II tim sosialisasi pencegahan covid-19 Kabupaten Fakfak, pada Selasa, 27 Oktober 2020, sesaat sebelum melaksanakan sosialisasi pagi tadi.

“Meski telah ada Peraturan Bupati dan Instruksi Bupati Fakfak, namun karena belum ada kwitansi untuk menerapkan sanksi denda bagi pelanggar protokol kesehatan covid-19, maka terhadap pelanggaran protokol kesehatan hanya diberikan sanksi sosial dan sanksi fisik saja,” ujar Eko Budi dalam briefing di Kantor BPBD Kabupaten Fakfak.

Dalam sosialisasi kali ini, tim sosialisasi dan tim patroli melakukan sosialisasi covid-19 di Kampung  Kayu Merah,  Kampung Katemba,  sekitar Pasar Danaweria serta Kampung Gewerpe.

Meski sosialisasi pencegahan covid-19 sudah dilakukan sejak beberapa bulan lalu, nyatanya, masih saja ditemukan masyarakat yang tidak menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah.

Terhadap mereka yang melanggar, tim sosialisasi memberikan hukuman fisik berupa push up, menyanyi, serta teguran lisan.

Bila Peraturan Bupati Fakfak nomor 56 tahun 2020 diterapkan secara penuh, maka atas pelanggaran protokol kesehatan akan diberikan sanksi denda administratif sebesar Rp50.000 untuk masyarakat dan dan Rp150.000 bagi penanggung jawab kegiatan, pemilik usaha yang melanggar.

Kali ini,  personel yang tergabung dalam tim sosialisasi dan tim patroli antara lain dari BPBD Kabupaten Fakfak, Dinas Perhubungan Kabupaten Fakfak, Satpol PP Kabupaten Fakfak, Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Fakfak, Sub Denpom Fakfak, Polres Fakfak, ORARI dan wartawan. ***

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Tiga Distrik Jadi Perhatian Tim Pengawasan Sarana Umum Untuk Cegah Covid-19

Reporter : Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM,  PARIWARI_ 67 petugas gabungan yang terbagi dalam 5 tim pengawasan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *