Home / Headline / KPU Gelar Sosialisasi Syarat Pencalonan Dan Syarat Calon Pilkada 2020

KPU Gelar Sosialisasi Syarat Pencalonan Dan Syarat Calon Pilkada 2020

Suasana Sosialisasi Syarat Pencalonan dan Syarat Calon Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Fakfak tahun 2020. (Foto IF)

Reporter : Wahyu Hidayat
INFOFAKFAK.COM, PARIWARI_ 5 pimpinan partai politik yang memiliki kursi di DPRD Kabupaten Fakfak, dan 1 LO calon perseorangan, Minggu, 23 Agustus 2020, mengikuti Sosialisasi Syarat Pencalonan dan Syarat Calon Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Fakfak tahun 2020.

“Hari ini KPU Kabupaten Fakfak menggelar sosialisasi yang diikuti oleh pimpinan partai politik yang memiliki kursi di DPRD dan 1 LO dari UTAYOH,” ujar Hasanudin Rettob, S.Pd.I., Divisi Teknis dan Penyelenggaran Pemilu KPU Kabupaten Fakfak. “PKB, PAN, Golkar, Perindo, Hanura dan 1 LO hadir. Sedangkan dari Nasdem, Gerindra dan PDI Perjuangan tidak hadir. Selanjutnya KPU akan membuka konsultasi pencalonan,” lanjutnya.

Kegiatan yang dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Fakfak, Dihuru Dekri Radjaloa, S.IP. ini, diselenggarakan di ruang rapat 2  Kantor KPU Kabupaten Fakfak, Jl. Kadamher, Kompleks Air Merah, Kelurahan Wagom Utara, Distrik Pariwari, Fakfak, Papua Barat.

Dalam sambutannya, Dekri berharap agar, pimpinan partai politik yang mengikuti sosialisasi ini, dapat memahami syarat pencalonan dan syarat calon pada Pilkada 2020.

“Syarat pencalonan dan syarat calon ini harus menjadi perhatian yang serius, karena ini merupakan syarat mutlak untuk melaju pada tahapan berikutnya, yakni pendaftaran sebagai peserta pemilihan bupati dan wakil bupati Fakfak tahun 2020,” ucap Dekri.

Hasanudin Rettob menjelaskan, “Untuk bakal pasangan calon yang diusulkan oleh parpol atau gabungan parpol yaitu, memperoleh paling sedikit 20% jumlah kursi di DPRD Kabupaten Fakfak. Sedangkan syarat pencalonan bakal calon perseorangan yaitu, terpenuhinya jumlah syarat dukungan, yakni sebanyak 5.179 dan minimal persebaran di 9 Distrik. Berita Acara yang telah diterima, harus dibawa saat mendaftar nanti,”

Di waktu yang hampir bersamaan, bertempat di ruang rapat utama, KPU Kabupaten Fakfak menerima penyerahan syarat dukungan perseorangan dari pasangan DOAMU.

Pasangan DOAMU menyerahkan syarat dukungan perseorangan kepada KPU Kabupaten Fakfak (foto IF)

Dari pasangan DOAMU hadir bakal calon bupati, Drs. Donatus Nimbitkendik, M.T.P. dan bakal calon wakil bupati, Drs. H.  Mustaghfirin, M.Si. serta penghubung, Herman Nur Pongoh.

Penyerahan syarat dukungan bapaslon pasangan DOAMU  tersebut,  merupakan hasil keputusan dari musyawarah penyelesaian sengketa pilkada yang dimohon oleh pasangan DOAMU kepada Bawaslu Kabupaten Fakfak, beberapa saat lalu. 

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Bawaslu Kabupaten Fakfak, Fachri Tukuwain berharap agar, tidak ada pikiran-pikiran negatif dari bapaslon DOAMU.

Jangan ada pemikiran KPU dan Bawaslu ini ada main dengan ini atau dengan itu. Saya pikir itu stop. Karena proses  yang kami lakukan ini, kami sangat yakin,  berada digaris regulasi,” tegas Fachri. 

Berkas-berkas syarat dukungan yang diserahkan oleh pasangan DOAMU,  nantinya akan diverifikasi oleh 4 tim verifikator yang dibentuk KPU Kabupaten Fakfak. ***

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Yang Lain Isolasi Mandiri, Demo Tolak Omnibus Law Diterima Dua Anggota Dewan

Reporter : Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Untuk kali kedua, gabungan mahasiswa Fakfak, Senin, 12 Oktober ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *