Home / Fakfak News / Kesehatan / Enaknya Jadi Pejabat, Tak Perlu Rapid Test Di Pelabuhan

Enaknya Jadi Pejabat, Tak Perlu Rapid Test Di Pelabuhan

    Penumpang yang antri untuk dirapid test di Pelabuhan Kokas, Senin, 24 Agustus 2020 (Foto IF)

Reporter : Wahyu Hidayat
INFOFAKFAK.COM, KOKAS_ “Decak kagum dan sorot mata takjub” nampak jelas dari komentar dan tatapan mata para penumpang dan keluarga yang menjemput penumpang kapal cepat Express Belibis 8 di Pelabuhan Kokas, di Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak, Papua Barat, pada Senin, 24 Agustus 2020 siang tadi.

Ternyata,  mereka mendapati perlakuan berbeda, antara masyarakat biasa dan pejabat daerah, dalam hal rapid test di Pelabuhan Kokas.

“Enak sekali jadi pejabat, ya. Kalau kami harus rapid test dan baru boleh meninggalkan pelabuhan setelah menerima surat hasil rapid test. Sedangkan untuk pejabat, mereka langsung pulang dan katanya akan dirapid test di Fakfak,” protes Sam Hasanoesi, menyaksikan ketimpangan ini.

Dari pemantauan media ini, nampak 2 orang level asisten sekretaris daerah beserta rombongan, yang langsung keluar dari ruang tunggu Pelabuhan Kokas menuju mobil jemputan masing masing.

Menurut salah seorang petugas keamanan yang enggan ditulis namanya, mereka telah diberitahu bahwa, untuk para pejabat,  tidak perlu dilakukan rapid test di pelabuhan. Sebab mereka akan menjalani rapid test di Fakfak.

Senada dengan penjelasan tersebut, petugas kesehatan juga menyampaikan hal yang sama.

Seorang petugas kesehatan bahkan memberikan alasan, para pejabat tersebut tidak dilakukan rapid test di pelabuhan karena mereka sering keluar masuk daerah dan punya uang. Sehingga mereka menjalani rapid test di sebuah fasilitas di Fakfak.

“Kalau rapid test yang di sini ini, gratis. Untuk masyarakat. Kalau untuk pejabat, biar mereka rapid test yang bayar,” ujarnya.

Sayangnya, terkait kebijakan ini belum terkonfirmasi kepada gugus tugas covid-19 Kabupaten Fakfak. Telepon untuk konfirmasi kepada juru bicara gugus tugas covid-19 Kabupaten Fakfak, dr. Subhan Rumoning, Sp.PD. pada pukul 16.38 WIT belum direspon.

Sebenarnya, protes tidak saja dilayangkan oleh masyarakat. Petugas di lapangan juga jelas mengeluhkan perlakuan berbeda ini. Sebab, mereka yang menerima protes masyarakat. ***

 

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Denda Uang Karena Tak Pakai Masker, Tunggu Kesiapan Administrasi

Reporter : Wahyu Hidayat INFOFAKFAK. COM, FAKFAK_ Penerapan sanksi denda administratif bagi masyarakat yang melanggar ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *