Home / Headline / Silaturohim Samaun Dahlan, Sekali Dayung, Dua Tiga Kampung Dikunjungi

Silaturohim Samaun Dahlan, Sekali Dayung, Dua Tiga Kampung Dikunjungi

Samaun Dahlan menerima “bahasa tomang” dari Raja Arguni, H. Hanafi Paus Paus (Dok. IF)

 

Reporter : Ayu, Wahyu                  | Editor : Wahyu Hidayat

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Arus perairan politik di Kabupaten Fakfak, Papua Barat, kembali bergelombang, setelah cukup lama teduh dipagar pandemi covid-19. Samaun Dahlan, S.Sos. M.A.P., bakal calon bupati Bupati Fakfak yang mengklaim didukung oleh koalisi partai politik ini, memanfaatkan waktu dengan melakukan silaturohmi di beberapa kampung.

Sabtu, 27 Juni 2020 lalu, Samaun Dahlan menyeberangi lautan, mengunjungi Kampung Kei di Pulau Panjang. Kepada sekira 40 KK di kampung yang belum memiliki kepastian kepemilikan lahan ini, Samaun menjanjikan pembentukan satu kampung sendiri, bila dirinya menjadi bupati kelak.

Silaturohim Samaun Dahlan bersama masyarakat Kampung Kei di Pulau Panjang (dok. IF)

“Jika ada 40 kepala keluarga atau lebih dari seratus jiwa, maka sapa pikir, disini layak untuk dijadikan kampung sendiri,” ujar Samaun.

Samaun yang hadir didampingi anggota DPRD Kabupaten Fakfak, yakni Amin Samai dari PKS dan Macrel Rahamitu dari Nasdem itu, juga menjanjikan perbaikan kehidupan, salah satunya ketersediaan air bersih layak pakai, dengan menyediakan bak penampungan Saat ini, warga di Kampung Kei masih mengandalkan air hujan untuk keperluan sehari-hari. Rumah-rumah penduduk juga masih terbuat dari papan kayu.

“Dan untuk memudahkan masyarakat mendapatkan hak konstitusinya, yaitu melakukan pemilihan bupati nanti, saya sangat berharap KPU dapat membangun satu TPS di kampung ini. Sebab jika untuk mengikuti pilkada masih harus menyeberang pulau, tentu akan menyulitkan hak warga,” harap Samaun.

Melanjutkan silaturohimnya, Samaun Dahlan kembali mengunjungi Kampung Baru, Desa Batafiafas, dan Kampung Mandoni di Distrik Kokas, serta Kampung Andamata di Distrik Arguni pada Minggu, 28 Juni 2020.

Kali ini, kehadiran Samaun yang disambut warga dengan hadrat, tari sawat, permainan tradisional lompat bambu, bahkan sambutan lebih dari 20 perahu ini, didampingi oleh Ketua DPRD Kabupaten Fakfak, Siti Rahma Hegemur, S.T. dari Partai Golkar dan Amin Samai dari PKS.

Dari beberapa kampung tersebut, Samaun menerima banyak pesan masyarakat, terkait pembangunan kampung, bila Ia menjadi bupati nanti. Bahkan masyarakat meminta agar kebutuhan kampung dapat dipenuhi selagi Samaun masih menjabat sebagai Kepala Dinas PUPR Kabupaten Fakfak, saat ini.

Di Kampung Andamata yang asri, Samaun kembali menerima amanah untuk melajutkan pembangunan jalan dan jembatan dari tokoh adat Kampung Andamata, H. Nafraris Gwas Gwas.

“Saya mengerti, tadi begitu masuk kampung ini, saya langsung diajak putar kampung. Bukan hanya untuk melihat jembatan yang sudah jadi, tapi ada pesan dibalik itu, yaitu untuk membangun satu jembatan lagi. Juga melanjutkan pembangunan jalan di atas,” ujar Samaun.

Usai melaksanakan sholat ashar di Masjid Miftahul Jannah, Samaun kembali menerima pesan-pesan masyarakat Petuanan Arguni, yang disimbolkan dengan penyerahan tomang, tas tradisional Papua, oleh Raja Arguni, H. Hanafi Paus Paus.

Kembali rombongan menyeberangi lautan untuk kembali ke Terminal Kokas. Diperlukan waktu sekira lima belas menit untuk sampai di Terminal Kokas, titik penyeberangan masyarakat bila menuju kampung-kampung yang berada di pulau-pulau cantik di sekitar Kokas. ***

 

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Moment Undian Nomor Urut Paslon, Jadi Ajang Judi?

Reporter : Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Hari ini, Kamis, 24 September 2020, direncanakan pukul 10.00 ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *