Home / Headline / New Pasar Thumburuni Akan Sediakan 961 Kios

New Pasar Thumburuni Akan Sediakan 961 Kios

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Fakfak, Samaun Dahlan, S.Sos., M.A.P. (Foto dok IF)

Reporter : Wahyu, Ayu                  | Editor : Wahyu Hidayat

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Sebanyak 961 los dagang atau kios, akan tersedia dalam pembangunan Pasar Thumburuni yang baru. Meski anggaran pembangunannya, untuk tahun ini mengalami penyusutan dari 105 milyar menjadi 39 milyar, pembangunan pasar yang terbakar pada Agustus 2019 ini akan segera dilakukan. Demikian disampaikan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Fakfak, Samaun Dahlan, S.Sos., M.A.P.

“Memang pembangunan Pasar Thumburuni ini sedikit mengalami keterlambatan. Hal ini banyak disebabkan oleh adanya pandemic covid-19. Sehingga, anggarannya pun, yang berasal dari APBN, mengalami pengurangan, dari 105 milyar menjadi 39 milyar. Melihat alokasi anggarannya, maka pembangunannya kan dilakukan secara bertahap,” jelas Samaun. “Namun prinsipnya, pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum, dan nanti dilaksanakan oleh Balai Cipta Karya Provinsi Papua Barat, telah menyetujui rencana dari pemerintah daerah,” tambahnya.

Menurut Samaun, saat ini pihaknya sedang melengkapi kekurangan perencanaan, dan pada bulan Juli depan, akan segera dilakukan proses lelang pembangunan pasar tersebut.

Perkembangan terkini rencana pembangunan Pasar Thumburuni Fakfak

Posted by Infofakfak on Thursday, June 25, 2020

Nantinya, Pasar Thumburuni yang memiliki luas 9.568 M2 dan berdaya tampung parkir sebanyak 60 unit roda empat dan 175 unit motor ini, akan dibangun 4 lantai.

Pada lantai 1 dengan luas 3.749 M2, akan dibangun sebanyak 416 unit los dagang meja batu. Jumlah ini meningkat tajam dari kondisi di pasar sebelumnya yang hanya menyediakan 75 los dagang meja batu.

Di lantai 2 dengan luas area 4.116 M2, akan dibangun 190 kios, serta los emperan sebanyak 192 unit. Pada lantai 3, dengan luas area 2.623 M2, akan tersedia 84 kios. Sedangkan di lantai 4 yang luas arenya 2.623 M2, akan dibangun 40 unit los campuran dan 39 unit los makanan.

Maka secara keseluruhan tersedia 961 los dagang dengan rincian, 606 los dagang meja batu, 192 los emperan, 124 los campuran dan 39 los makanan.

Samaun juga menjelaskan, keberadaan terminal kendaraan umum tentu akan mengalami perubahan, menyesuaikan dengan pembangunan pasar yang baru. ***

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Silaturohim SADAR, Targetkan Perolehan Suara Diatas 80%

Reporter : Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM, FAKFAK TIMUR TENGAH_ Dalam silaturohimnya, bakal calon pasangan SADAR, Samaun ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *