Home / Headline / Harapan Baru Dari Dek KM Logistik Nusantara 2 Bagi Pembangunan Kokas

Harapan Baru Dari Dek KM Logistik Nusantara 2 Bagi Pembangunan Kokas

Wakil Gubernur Papua Barat, Muhammad Lakotani, meresmikan pelayaran perdana KM Logistik Nusantara 2 di Pelabuhan Kokas, Kabupaten Fakfak, Papua Barat (Foto Ayu)

Reporter : Sri Maryati     | Editor : Wahyu Hidayat
INFOFAKFAK.COM, KOKAS_ Kapal Motor atau KM Logistik Nusantara 2, diresmikan pelayaran perdananya oleh Wakil Gubernur Papua Barat, Mohamad Lakotani, pada Kamis, 21 Januari 2021, bertempat di Pelabuhan Kokas, Kabupaten Fakfak, Papua Barat.

Kapal dengan kode trayek T-19 ini, merupakan layanan khusus di wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat, dengan trayek Merauke – Kokas – Sorong – Biak – Korido Depapre – Jayapura.

Gubernur Papua Barat dalam sambutannya yang dibacakan oleh Muhammad Lakotani, menaruh harapan besar atas kehadiran kapal tersebut, bagi pengembangan perekonomian di daerah-daerah terpencil.

“Kehadiran KM Logistik Nusantara 2 ini, merupakan sarana untuk memasarkan produk lokal seperti  hasil pertanian, peternakan, perkebunan dan perikanan yang ada di Kabupaten Fakfak, Teluk Bintuni dan Sorong Selatan, untuk diangkut dan didistribusikan ke pasar yang lebih menguntungkan dan untuk memacu ekspor,” ucap Muhammad Lakotani. “Selain itu, kehadiran kapal ini juga diharapkan untuk pendistribusian barang dan pengembangan ekonomi di daerah terpencil dan berkembang, serta untuk  menurunkan disparitas harga,” lanjutnya.

Dalam pelayaran perdananya ini, KM Logistik Nusantara 2 ini, mengangkut 1 kontainer beras dari Kabupaten Merauke ke Kokas. Anggota Komisi V DPR RI, Demianus Idjie yang turut hadir dalam peresmian pelayaran perdana KM Logistik Nusantara 2 ini mengatakan, “Dengan adanya kapal ini diharapkan, bukan hanya menurunkan logistik tetapi juga diharapkan mengangkut logistik dari pelabuhan pelabuhan yang disinggahi untuk dijual, untuk didistribusikan ke tempat lain,”

Rosihan Gamtjim, S.E., M.Si., Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuan Kelas III Kokas, mengaku siap secara teknis, untuk melayani pelayaran kapal ini guna mendukung program presiden.

“Tentu kami siap untuk melayani tol laut ini, yang merupakan program dari presiden untuk menunjang pengembangan perekonomian di kawasan terpencil di Papua dan Papua Barat,” ujar Rosihan.

Sementara itu, salah seorang pengusaha Kabupaten Fakfak, Kristanto berharap, keberadaan kapal tersebut juga bisa menunjang kebutuhan proyek infrastruktur di Kokas dan sekitarnya.

“Untuk saat ini kebutuhan proyek infrastruktur, bahan bakunya didatangkan dari luar Papua Barat. Kedepan, diharapkan ada koneksitas antara jalur transportasi dari luar Papua dengan pelayaran kapal ini, sehingga diharapkan dapat memotong biaya transportasi bahan-bahan bangunan,” harap Kristanto.

Peresmian pengoperasian perdana KM Logistik Nusantara 2 ini, juga turut dihadiri oleh Sekretaris Kabupaten Fakfak, Drs. H. Ali Baham Temongmere, M.T.P., serta disaksikan oleh Raja-Raja dari petuanan di sekitar Kokas.***

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Pembekalan Babinsa Dengan Materi Organisasi Polsek Dan Radikalisme

Reporter : Wahyu Hidayat NFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Bertempat di Aula Koramil Kota Fakfak, Rabu, 9 Juni ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *