Home / Headline / Kunker Ke Jakarta, Bupati Bahas Penyulingan Air Laut Hingga Pelabuhan Rakyat

Kunker Ke Jakarta, Bupati Bahas Penyulingan Air Laut Hingga Pelabuhan Rakyat

Untung Tamsil, Bupati Fakfak, saat bertemu dengan Menteri Investasi dan Penanaman Modal, Bahlil Lahadalia. (Foto Ist)

Reporter : Wahyu Hidayat
INFOFAKFAK.COM, JAKARTA_ Bupati Fakfak, Untung Tamsil, S.Sos., M.Si., Jumat 4 Juni 2021, merangkai kegiatannya dengan menyambangi Kantor BPPT, Bappenas dan Kementerian Investasi dan Penanaman Modal di Jakarta.

Setelah menandatangani MoU dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi atau BPPT di Gedung BJ Habibie terkait  upaya untuk mendorong dan mengoptimalkan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia di Kabupaten Fakfak, serta mensinergikan lintas sektor dalam melakukan teknologi pembangunan daerah yang tepat sasaran dan berdaya guna, Bupati melanjutkan kunjungan kerjanya ke Kantor Bappenas dan Kementerian Investasi dan Penanaman Modal.

Penandatanganan MoU antara Pemerintah Kabupaten Fakfak dengan BPPT di Jakarta (Foto Ist)

Bupati Fakfak, Untung Tamsil kepada media ini mengatakan, “Pemerintah Kabupaten Fakfak,  telah menandatangani kerjasama dengan BPPT, terkait dengan keberlanjutan kerjasama antara pemerintah Kabupaten Fakfak yang telah terjalin selama ini. Lingkup kerjasamanya adalah, terkait pengembangan komoditas unggulan baik dari sektor pertanian, perikanan kelautan dan perkebunan,”

Bupati melanjutkan, “Kita juga akan mendorong inovasi penanganan sampah, serta inovasi air laut menjadi air minum, utamanya di daerah yang kesulitan air bersih, seperti di daerah pesisir pantai. Nantinya akan dibuat pilot project, bisa di Distrik Furwagi atau Distrik Arguni,”

Untuk sektor perkebunan, pemerintah akan mendorong komoditas unggulan Fakfak, yakni pala dan durian.

Plt. Kepala Bappeda,  Eksan Musaad menjelaskan bahwa,  untuk pala dan durian menjadi perhatian BPPT, terutama hal hilir, yakni pengemasan dan.pengolahan akhir kedua komoditi tersebut.

Dari Kementerian Pekerjaan Umum, akan ada beberapa pembangunan ruas jalan, yang terintegrasi, untuk mempercepat proses pembangunan nasional termasuk rencana pembangunan smelter. Juga, rencana pembangunan pelabuhan rakyat di Kampung Otoweri, Distrik Tomage.

Menurut Bupati, Menteri Investasi dan Penanaman Modal, Bahlil Lahadalia, mendukung penuh kebijakan Pemerintah Daerah Fakfak

“Sebagai anak Fakfak, Bapak Menteri sangat mendukung kebijakan Pemerintah Daerah Fakfak, untuk membangun Fakfak menjadi lebih baik, menjadi Fakfak tersenyum,” pungkas Bupati. ***

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Silaturahim Dengan GPK, Wakil Ketua MRP PB Harapkan Kehidupan Yang Harmonis

Reporter : Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_  Wakil Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP) Papua Barat, Cyrillus ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *