Home / Headline / Musyawarah Penyelesaian Sengketa “Doamu” Mulai Digelar Hari Ini

Musyawarah Penyelesaian Sengketa “Doamu” Mulai Digelar Hari Ini

Ketua Bawaslu Kabupaten Fakfak, Fachri Tukuwain didampingi Koordinator Divisi Hukum Penindakan dan Pelanggaran Sengketa, Abdul Tanggi Irirwanas, menggelar press conference (Foto IF)

Reporter : Wahyu Hidayat
INFOFAKFAK.COM, PARIWARI_ Bawaslu Kabupaten Fakfak, Papua Barat, mulai Selasa, 11 Agustus 2020, hingga 12 hari kedepan, akan menggelar musyawarah penyelesaian sengketa pilkada, yang dimohon oleh pasangan Drs. Donatus Nimbitkendik, M.T.P dan Drs. H. Mustaghfirin, M.Si. atau pasangan “Doamu”. Demikian dijelaskan Ketua Bawaslu Kabupaten Fakfak, Fachri Tukuwain, pada press conference, Senin,10 Agustus 2020 malam di Kantor Bawaslu Kabupaten Fakfak.

Abdul Tanggi Irirwanas, S.Si., Koordinator Divisi Hukum Penindakan dan Pelanggaran Sengketa Bawaslu Kabupaten Fakfak, menjelaskan bahwa, berkas permohonan penyelesaian sengketa yang dimohon oleh pasangan “Doamu” sudah lengkap dan teregistrasi.

“Berkas permohonannya sudah lengkap dan terregistrasi no. 002/PS.REG/91.9101/VIII/2020 tanggal 10 Agustus 2020. Sehingga mulai besok (hari ini, red) akan dimulai proses musyawarah penyelesaian sengketa hingga 12 hari kalender kedepan,” jelas Abdul Tanggi Irirwanas.

Sebelumnya, pasangan “Doamu”, mengajukan penyelesaian sengketa pilkada kepada Bawaslu, lantaran berkas dukungan perbaikannya ditolak oleh KPU Kabupaten Fakfak.

Lebih lanjut Abdul Tanggi Irirwanas menjelaskan, Rabu dan Kamis, akan digelar musyawarah penyelesaian sengketa secara tertutup. Pada fase ini, Bawaslu akan memediasi dan mencari kesepakatan antara pemohon dan termohon sengketa.

“Namun bila dalam musyawarah tertutup tersebut tidak tercapai kesepakatan, maka sesuai dengan peraturan Bawaslu nomor 2 tahun 2020 tentang Tata Cara Penyelesaian Sengketa Pemilihan, musyawarah penyelesaian sengketa Pilkada akan dilakukan secara terbuka,” lanjutnya.

Abdul Tanggi Irirwanas berharap, musyawarah penyelesaian sengketa pilkada ini, dapat menemui kesepakatan, sehingga penyelesaiannya lebih cepat. Hal ini mengingat, tahapan Pilkada 2020 terus berjalan. ***

 

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Penetapan DPT Tertunda, Karena Menunggu Pleno 2 PPD

Reporter : Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM, PARIWARI_ KPU Kabupaten Fakfak, Papua Barat, pada Rabu (14/10/2020) malam, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *