Home / Headline / Dekranasda PB Juara III Nasional,  Produk Turunan Pala Naik Daun

Dekranasda PB Juara III Nasional,  Produk Turunan Pala Naik Daun

Dewan Kerajinan Nasional Daerah Papua Barat meraih Juara III dalam event HUT ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dan Hari Kesatuan Gerak atau HKG PKK ke-52 di Solo (Foto ist)

 

Reporter: Wahyu Hidayat
INFOFAKFAK.COM, SOLO_ Dekranasda atau Dewan Kerajinan Nasional Daerah Papua Barat meraih Juara III dalam event <span;>HUT ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dan Hari Kesatuan Gerak atau HKG PKK ke-52, yang dilaksanakan di Solo, Jawa Tengah.

Event nasional yang bertujuan untuk mengangkat derajat kerajinan tangan Indonesia ke panggung Internasional tersebut, diselenggarakan pada 14-18 Mei 2024.

Puncak perayaan HUT Ke-44 Dekranas diramaikan dengan acara syukuran, kirab budaya dan pawai mobil hias serta pameran 278 both usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dari seluruh Indonesia. Dalam ajang bergengsi tersebut, Dekranasda Papua Barat  menampilkan keunikan seni budaya Papua Barat serta produk unggulan UMKM, diantaranya produk turunan khas Kabupaten Fakfak yakni sabun dan balsem pala.”Terimakasih teman teman atas kekompakan dan kebersamaannya. Raihan juara ini adalah hasil kerja keras dan kolaborasi dari Dekranasda Provinsi dan Kabupaten se-Papua Barat,” ucap Ketua Dekranasda Papua Barat, Hj. Siti Mardiana.

Kristiana Karim, owner Rumah Sofenir Khas Fakfak dan pelaku usaha batik Fakfak yang mewakili Kabupaten Fakfak dalam ajang bergengsi tersebut, mengaku senang lantaran produk turunan pala turut menyumbang bagi kemenangan Dekranasda Papua Barat serta mendapat perhatian luas dari masyarakat yang hadir di event tersebut.

“Alhamdulillah, sabun dan balsem pala mendapat perhatian dari masyarakat yang hadir dalam kegiatan tersebut. Hal ini tentu menjadikan produk tersebut berpotensi untuk terus dikembangkan dan dikenal luas sebagai produksi asli Kabupaten Fakfak,” ujar  Kristiana Karim.

Kristiana Karim juga menyampaikan terima kasih kepada Hj. Siti Mardiana, Ketua Dekranasda Papua Barat yang juga istri Penjabat Gubernur Papua Barat, serta kepada Siti Fatimah Bauw sebagai Ketua Dekranasda Kabupaten Fakfak  yang selama ini aktif memberikan pendampingan dan pembinaan pengembangan UMKM di Kabupaten Fakfak. ***

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Resmi Jadi Pasangan Samaun Dahlan, Donatus Nimbitkendik: Roh Politik Saya Bangkit

  Reporter: Amrin Landupa, Sri Mariati INFOFAKFAK.COM_  Bertempat di kediaman Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *