Home / Headline / LMA Fakfak Tuntaskan Sosialisasi Pemilu Adat Di 5 Dapeng

LMA Fakfak Tuntaskan Sosialisasi Pemilu Adat Di 5 Dapeng

Ketua LMA Kabupaten Fakfak, Valentinus Kabes (Foto ayu)

 

Reporter: Sri Mariati
INFOFAKFAK.COM_ Lembaga Masyarakat Adat Kabupaten Fakfak, Papua Barat, menyelesaikan rangkaian sosialisasi Pemilu Adat pada 5 Daerah Pengangkatan atau Dapeng

Valentinus Kabes, Ketua LMA Kabupaten Fakfak menjelaskan, rangkaian sosialisasi Pemilu Adat, tuntas di daerah pengangkatan atau Dapeng 5 yang meliputi Distrik Karas, Fakfak Timur dan Fakfak Timur Tengah.

“Sosialisasi Pemilu Adat ke 5 Dapeng di Kabupaten Fakfak ini  merupakan bagian dari persiapan perekrutan DPRK Otsus tahun 2024,” jelas Valentinus Kabes kepada infofakfak.com pada Senin,  20 Mei 2024.

Selanjutnya Ia mengatakan, dari sosialisasi Pemilu Adat yang dilakukan memang antusias masyarakat adat untuk turut serta sangatlah tinggi.

“Mereka antusias untuk mengikuti sosialisasi Pemilu Adat dari tim-tim yang telah dibentuk ini,” tuturnya.

Lebih lanjut Valentinus menyampaikan, eksistensi LMA tentunya terstruktur secara nasional dan legal, sehingga tak perlu dipertanyakan lagi.

“Tujuan kami mengadakan sosialisasi tentunya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar memahami prosedural terkait dengan perekrutan DPRK jalur Otsus ini,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Valentinus juga menyampaikan terima kasih kepada para Ketua LMA distrik yang telah bekerja keras.

“Terutama karena sudah berhasil menghimpun keterwakilan masyarakat adat melalui tokoh adat termasuk melibatkan tokoh agama, perempuan dan pemuda,” sebutnya.

Sementara itu, Perwakilan LMA Papua Barat Korwil Fakfak – Kaimana, Leonardus Tuturop menyebutkan, pihaknya telah merampungkan sosialisasi Pemilu Adat untuk pemilihan DPRK Otsus.

“Selama berjalan ini, kami tidak menemui kendala ataupun kekurangan berarti, karena semuanya sudah terselenggara dengan baik,” pungkasnya.

Pihaknya berharap, sosialisasi Pemilu Adat ini dapat berjalan seterusnya dan bisa diberikan kelancaran, sehingga masyarakat adat di Kabupaten Fakfak bisa bersatu bersama LMA. ***

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Resmi Jadi Pasangan Samaun Dahlan, Donatus Nimbitkendik: Roh Politik Saya Bangkit

  Reporter: Amrin Landupa, Sri Mariati INFOFAKFAK.COM_  Bertempat di kediaman Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *