Home / Headline / BMKG Torea Fakfak Ingatkan Potensi Angin Kencang Hingga 3 Hari Kedepan

BMKG Torea Fakfak Ingatkan Potensi Angin Kencang Hingga 3 Hari Kedepan

Gambar ilustrasi badai

 

Pewarta: Wahyu Hidayat
INFOFAKFAK.COM_ Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Stasiun Meteorologi Kelas III Torea Fakfak, dalam pers rilis yang dikirimkan kepada infofakfak.com, mengingatkan adanya potensi angin kencang sejak 19 sampai 21 Maret 2024 mendatang.

Disebutkan, masyarakat diminta waspada akan potensi dampak hujan dan angin kencang yang dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti pohon tumbang, jalanan licin, rusaknya atap bangunan dan gelombang tinggi.

Lebih rinci disampaikan, 19 Maret 2024 potensi angin kencang pada malam hari. 20 Maret 2024 berpotensi hujan dan angin kencang pada siang serta malam hari. Sedangkan pada 21 Maret 2024 berpotensi angin kencang pada siang hari.

Secara umum BMKG Torea Fakfak juga menyampaikan, Siklon tropis Megan terpantau di Teluk Carpentaria, dengan kecepatan angin maksimum 60 knot dan tekanan udara 978 hPa serta bergerak ke arah Selatan-Barat Daya dengan potensi intensitas meningkat dalam 24 jam kedepan. Sistem ini menginduksi daerah peningkatan kecepatan angin >25 knot (low level jet) di Laut Arafura bagian selatan, Laut Timor, dan Laut Banda, yang mampu meningkatkan tinggi gelombang di sekitar siklon tropis tersebut. Selain itu, Siklon Tropis ini juga membentuk daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) dan  pertemuan angin yang memanjang dari Samudera Hindia barat Bengkulu, Sumatera bagian selatan, Laut Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Laut Flores, Laut Banda, hingga Laut Arafura

Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang di Sumatera Barat, di Jawa, di Kalimantan Utara bagian utara, dipesisir timur Kalimantan Timur hingga Kalimantan Selatan, dari Sulawesi bagian utara hingga selatan, dari Papua Barat hingga Papua bagian tengah.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar siklon tropis/sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah low level jet/konvergensi/konfluensi tersebut.

Labilitas Lokal Kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal terdapat di pesisir barat Sumatera, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Jawa, Bali dan Nusa Tenggara, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku Papua Barat dan
<span;>Papua. ***;>

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Resmi Jadi Pasangan Samaun Dahlan, Donatus Nimbitkendik: Roh Politik Saya Bangkit

  Reporter: Amrin Landupa, Sri Mariati INFOFAKFAK.COM_  Bertempat di kediaman Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *