Home / Fakfak News / Kesehatan / Pihir Kassor, Raih Ahli Madya Akupunktur Poltekes Surakarta

Pihir Kassor, Raih Ahli Madya Akupunktur Poltekes Surakarta

Pihir Kassot berhasil meraih gelar ahli akupunktur dari Poltekkes Surakarta. (Foto ist)

 

Reporter: Wahyu Hidayat
INFOFAKFAK.COM_ Pihir Kassor, yang selama ini dikenal sebagai aktivis sosial dan praktisi pengobatan Nabawi dari Kabupaten Fakfak, Papua Barat, berhasil meraih gelar ahli madya akupunktur Politeknik Kesehatan Surakarta.

Setelah menempuh pendidikan formal selama 3 tahun, Pihir Kassor yang meraih IPK 3,84 ini, diwisuda pada 08 November 2023 di Edutorium KH. Ahmad Dahlan UMS Surakarta dan berhak menyandang gelar A.Md.Akup.

Profesi dan keahlian di bidang akupunktur masih langka, utamanya untuk wilayah Provinsi Papua Barat dan Provinsi Papua Barat Daya. Bahkan menurut Pihir, dirinya merupakan satu-satunya orang yang menekuni bidang akupunktur secara formal dari Papua Barat.

“Akupunktur dapat disinergikan dengan pengobatan medis. Bahkan melalui berbagai macam penelitian dan uji klinis, World Health Organization (WHO) telah mengakui dan merekomendasi untuk mengintegrasikan pelayanan akupunktur kedalam sistem kesehatan nasional. WHO telah mengeluarkan ICD 11 dan di dalamnya ada Akupunktur. Jadi sangat bisa sekali,” jelas Pihir Kassor.

Pihir mengakui bahwa, masalah akupunktur perlu disosialisasikan lebih luas lagi, agar masyarakat mengetahui manfaat pengobatan ini.

Sebagaimana dokter yang tergabung dalam IDI, maka ahli akupunktur bernaung di bawah organisasi yang bernama Perhimpunan Akupunktur Terapis Indonesia atau HAKTI. ***

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Dikira GERD, Wanita Muda Usia 25 Tahun Divonis Gagal Ginjal Stadium Akhir.

  Pewarta : Jojie Matitaputty INFOFAKFAK.COM_ Della  Hiariej, Wanita muda berusia 25 tahun asal Bandung, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *