Home / Info Kampung / Ciptakan Aplikasi Tasimda, Marthen Wouw Raih Prestasi Istimewa Peringkat ll Dari LAN Makassar

Ciptakan Aplikasi Tasimda, Marthen Wouw Raih Prestasi Istimewa Peringkat ll Dari LAN Makassar

Marthen Ronald Wouw, S.ST., MBA., Kepala Distrik Fakfak Timur Tengah, Kabupaten Fakfak, Papua Barat, berhasil meraih Prestasi Istimewa Peringkat II dari Lembaga Administrasi Negara atau LAN Makassar. (Foto ist)

 

Reporter : Wahyu Hidayat

INFOFAKFAK.COM_ Marthen Ronald Wouw, S.ST., MBA., Kepala Distrik Fakfak Timur Tengah, Kabupaten Fakfak, Papua Barat, berhasil meraih Prestasi Istimewa Peringkat II dari Lembaga Administrasi Negara atau LAN Makassar.

Prestasi Istimewa Peringkat II <span;>dan kategori The Responsive Reformer, juga The Unity Leader itu diperoleh Marthen pada <span;>Pelatihan Kepemimpinan Administrator atau PKA (dulu disebut PIM III) angkatan VIII tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintahan Lembaga Administrasi Negara yang diselenggarakan sejak 22 Juli hingga 9 November 2023.

Marthen melakukan terobosan aksi perubahan, sehingga ide gagasan pembuatan Aplikasi Tasimda atau Tanya Si Mr Dapodis atau Data Pokok Distrik, dengan akronim Ta’da Mr/Te’te Mr.

“Ta’da Mr/Te’te Mr sendiri memiliki arti bahwa ta’da bermakna wadah untuk menampung, menepis info yang kurang jelas. Sedangkan ta’da dalam bahasa Fakfak artinya tete, opa atau orang tua yang bisa memberikan informasi yang positif atau kebaikan.” Jelas Marthen.

Dengan aplikasi Tasimda ini, akan bermanfaat bagi setiap orang maupun organisasi dan kelompok manapun yang ingin mengetahui keseluruhan informasi tentang Distrik Fakfak Timur Tengah dan lewat menu tersaji didalam apikasi akan mempermudah semua urusan terkait aktifitas dan berita.

Sang reformer memilih ide aplikasi berlatar belakang tugas kedinasannya, terkait singkronisasi data dengan sejumlah OPD, validitas data penduduk, informasi tentang stunting,  kemiskinan, termasuk informasi potensi sumber daya alam, profile distrik dan profile kampung yang terdiri atas 10 kampung.

Selanjutnya, melalui domain Dinas Kominfo Kabupaten Fakfak, aplikasi Tasimda berbasis website ini, terkoneksi. Sehingga melalui milestone  tahapan jangka pendek, sejumlah data telah terinput pada aplikasi yang ada.

Validasi data penduduk juga singlronisasi dapat diakses secara bersama atau satu data satu aplikasi.

Untuk jangka menengah dan jangka panjang, aplikasi ini akan dilengkapi lagi. Kedepanya, informasi tentang UKMK dan potensi wisata dan penyelenggaraan event lainnya dapat diakses dalam aplikasi ini. Idealnya, aplikasi ini berbasis android sehingga mudah digunakan oleh rekan rekan dari 16 distrik se Kabupaten Fakfak lainnya.

Penyimpanan data diri lewat arsip pribadi seperti KTP yang telah dicetak oleh OPD berwenang, juga bisa disimpan di aplikasi ini. ***

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Abdolla Baraweri Serap Aspirasi Dan Ajak Masyarakat Distrik Kramomongga Sukseskan Pemilu

Pewarta: Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM_ Abdolla Baraweri, anggota Majelis Rakyat Papua Barat atau MRPB kelompok kerja ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *