Home / Fakfak News / Kesehatan / Penyakit Kondiloma Akuminata Pada Perempuan Adalah Gerbang Awal Kanker Serviks

Penyakit Kondiloma Akuminata Pada Perempuan Adalah Gerbang Awal Kanker Serviks

Gambar ilustrasi

 

Reporter : Jojie G M

INFOFAKFAK.COM_ Kondiloma akuminata atau kutil kelamin adalah penyakit seksual menular. Penyakit ini merupakan gerbang awal kanker serviks atau kanker mulut rahim. Hal ini dikarenakan, kedua penyakit tersebut disebabkan oleh jenis virus yang sama, virus HPV atau Human Papiloma Virus namun dengan tipe berbeda.

“Kondiloma akuminata disebabkan oleh HPV tipe 6 dan 11, sedangkan kanker serviks disebabkan oleh HPV tipe 16 dan 18,” jelas dr. Amira abdat, SpOG. melalui pesan singkat whatsApp pada Senin, 22 Mei 2023.

Dokter spesialis Obsterti dan Ginekologi ini menutur,  bagi perempuan yang sudah pernah terdiagnosa penyakit Kondiloma akuminata dan juga melakukan hubungan seksual aktif,  baik yang sudah menikah maupun  belum menikah harus segera melakukan deteksi dini kanker servik atau kanker mulut rahim selama 3 tahun sekali

“Pemeriksaan tiap 3 tahun sekali, dengan metode IVA test, minimal di puskesmas secara gratis, jika hasilnya negatif diulang tiap 3 tahun, namun jika ada perubahan yang abnormal pada mulut rahim, maka dikonsultasikan ke dokter kandungan untuk tatalaksana lanjutan,” tuturnya.

Lebih jauh, dr. Amira menjelaskan, penyakit kondiloma akuminata bisa dialami berulang kali oleh seseorang apabila perilaku seksual tidak sehat terus dilakukan.

“Perilaku berganti pasangan tanpa menggunakan kondom atau berhubungan dengan pasangan yang menderita penyakit seksual Kondiloma akuminata bisa menyebabkan orang tersebut kembali terinfeksi kondiloma akuminata,” jelasnya.

Lanjutnya, kondiloma akuminata yang berbentuk seperti bunga kol dan jengger ayam ini bisa dialami juga pada laki-laki.

“Terinfeksi pada beberapa bagian tubuh yaitu vagina, penis, anus apabila penderita melakukan anal sex dan mulut pada kasus HIV,” tambahnya.

Kondiloma akuminata yang diakibatkan oleh hubungan seksual berganti pasangan tanpa pengaman ini bisa dialami pada pasien HIV tahap Aids. Namun demikan Kondiloma akuminata adalah penyakit yang bisa menjadi diagnosa utama atau berdiri sendiri.

“Kondiloma akuminata biasanya merupakan gejala pada pasien HIV tahap Aids. Intinya hindari hubungan seksual sebelum menikah, apalagi sampai berganti pasangan dan tanpa pengaman,” tutupnya.***

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Pihir Kassor, Raih Ahli Madya Akupunktur Poltekes Surakarta

  Reporter: Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM_ Pihir Kassor, yang selama ini dikenal sebagai aktivis sosial dan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *