Home / Fakfak News / Kesehatan / Puskesmas Wartutin Mangkrak 2 tahun, Ini Penjelasan Kadis Kesehatan Kabupaten Fakfak

Puskesmas Wartutin Mangkrak 2 tahun, Ini Penjelasan Kadis Kesehatan Kabupaten Fakfak

Saleh Hindom, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Fakfak. (Foto Ayu)

 

Reporter: Sri Mariati
Editor : Wahyu Hidayat

INFOFAKFAK.COM_ Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Fakfak, Saleh Hindom, menjelaskan perihal belum dipergunakannya Puskesmas Wartutin di Distrik Wartutin sejak dibangun pada 2019 lalu.

“Puskesmas Wartutin belum bisa dipergunakan sebagai pusat pelayanan kesehatan masyarakat, lantaran beberapa hal, antara lain masih adanya tarik-menarik terkait hak ulayat masyarakat,” jelas Saleh Hindom kepada media ini beberapa waktu lalu.

Selain itu, direncanakan baru 2023 nanti,  Puskesmas Wartutin akan beroperasi, setelah dilakukan pemisahan aset dan pembagian sumber daya manusia dari Puskesmas induk, yakni Puskesmas Werbah Distrik Fakfak Barat.

“Dinas Kesehatan Kabupaten Fakfak akan melakukan pembagian sumber daya manusia, ambulans dan perlengkapan lainnya,” imbih Saleh Hindom.

Setelah beroperasi, pihaknya akan melaporkan Puskesmas watutin sebagai Puskesmas terdaftar kepada Kementerian Kesehatan, sehingga akan ada anggaran pada 2024.

Kondisi Puskesmas Wartutin saat ini,  secara fisik layak digunakan, juga sudah dilengkapi perlengkapan perabot rumah tangga. Persoalannya Masih pada ketersediaan SDM, alat kesehatan dan obat-obatan .

“Kami upayakan 2023 semua itu sudah terpenuhi,” ujar Saleh Hindom optimis.

Selain itu, Kementerian Kesehatan menjadwalkan pembangunan Puskesmas di Distrik Furwagi, Distrik Fakfak Timur Tengah dan Distrik Kayauni pada 2023.

“Kami juga mengupayakan untuk menjadikan membangun Puskesmas Fistrik Arguni dan Puskesmas Distrik Mbahamdandara menjadi puskesmas induk 2024,” pungkas Saleh Hindom. ***

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Bahaya Penyakit Stroke dan Faktor Resikonya

Reporter : Jojie Matitaputty INFOFAKFAK.COM_ Penyakit stroke masih menjadi masalah bagi negara–negara maju dan berkembang. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *