Home / Headline / Upacara HUT Ke-77 TNI Dilaksanakan Secara Gabungan

Upacara HUT Ke-77 TNI Dilaksanakan Secara Gabungan

Foto bersama usai melaksanakan upacara memperingati HUT ke-77 TNI. (Foto : Ayu)

 

Reporter : Sri Maryati
Editor : Wahyu Hidayat

INFOFAKFAK.COM_ Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, peringatan HUT Ke-77 TNI tahun 2022 dengan tema TNI Adalah Kita ini, digelar dengan pelaksanaan upacara gabungan seluruh personel TNI dan Polri yang ada di Kabupaten Fakfak, Papua Barat.

Komandan Korem 182/JO, Kolonel Inf. Hartono, S.I.P.  bertindak sebagai Inspektur Upacara pada upacara HUT TNI ke-77 yang dilangsungkan di Jalan Salasa Namudad Pantai Reklamasi Kabupaten Fakfak, Rabu, 5 Oktober 2022.

Mengawali amanatnya yang dibacakan Danrem 182/JO, Kolonel Inf. Hartono, S.I.P., Panglima TNI menyampaikan ucapan selamat ulang tahun ke-77 Tentara Nasional Indonesia.

“Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia kepada seluruh prajurit dan PNS TNI dimanapun bertugas dan berada, serta seluruh keluarga besar TNI,” kata Jenderal TNI Andhika Perkasa.

Dalam amanat tersebut juga disampaikan beberapa hasil dari berbagai lembaga
survei, yang menyampaikan data bahwa TNI mendapat kepercayaan tertinggi dari masyarakat, diantaranya, hasil survei Lembaga Indikator Politik Indonesia (IPI) tanggal 24 Juni 2022, TNI mendapatkan kepercayaan tertinggi dari publik sebesar 93,2%.

Sedangkan hasil survei tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga hukum versi Lembaga Survei Indonesia (LSI) tanggal 31 Agustus 2022, TNI mendapatkan tingkat kepercayaan masyarakat paling tinggi sebesar 93%.  Demikian juga hasil Lembaga Survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) tanggal 27 September 2022, merilis hasil survei dukungan dan kepuasan kinerja TNI terhadap demokrasi, sebesar  93.5 %.

Jenderal TNI Andhika Perkasa mengaku bangga kepada seluruh prajurit dan PNS TNI yang telah menunjukkan profesionalitasnya, dalam melaksanakan setiap tugas yang telah dipercayakan rakyat, bangsa dan negara.

Diakhir amanatnya, Panglima TNI menghimbau kepada seluruh prajurit dan PNS TNI untuk selalu menjaga kepercayaan masyarakat tersebut, dengan bertindak dan berucap sesuai dengan tugas pokok TNI.

Selain dihadiri Bupati Fakfak, Untung Tamsil, S.Sos., M.Si., dan Wakil Bupati Fakfak, Yohana Dina Hindom, S.E., M.M., upacara gabungan ini juga dihadiri oleh Kasrem 182/JO, Sekda Kabupaten Fakfak, Dandim 1803/Fakfak, Kapolres Fakfak, Kajari Fakfak, para Kepala OPD Kabupaten  Fakfak, Danlanal Fakfak dan para veteran TNI di Kabupaten Fakfak.

Sebelumnya, menyambut HUT ke-77 TNI, Dandim 1803/Fakfak, Letkol Inf. Tri Handoko Wicaksono beserta seluruh prajurit, ziarah di TMP Fakfak pada Rabu, 4 Oktober 2022 kemarin.

Ziarah di TMP Fakfak ini merupakan satu rangkaian peringatan HUT ke-77 TNI.

Menurut Dandim 1803/Fakfak Letkol Inf Tri Handoko Wicaksono, pelaksanaan ziarah yang dilaksanakan selain dalam rangka memperingati HUT TNI juga merupakan salah satu bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur dalam berjuang mempertahankan NKRI dari tangan penjajah.

“Sebagai penerus dan pewaris kemerdekaan ini, kita hendaknya bersyukur atas perjuangan yang telah di perjuangkan oleh para pahlawan, patriot pembela bangsa yang telah gugur demi mempertahankan NKRI dari para penjajah, sehingga kini kita semua dapat menikmati hasil dari perjuangan mereka,” ucap Dandim. (Penrem 182/JO)***

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Anies Dijadwalkan Hadiri Jambore AFKN,  Jaringan Anies Fakfak Konsolidasi

  Reporter : Kartini Ali Editor : Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Jaringan Anis atau Jarnis ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *