Home / Info Kampung / Dulhamidin Furu Tangkap Aspirasi Pesantren Enterpreneur di Kampung Patimburak

Dulhamidin Furu Tangkap Aspirasi Pesantren Enterpreneur di Kampung Patimburak

Dulhamidin Furu, S.S., anggota MRP Papua Barat Pokja Agama. (Foto Jojie)

Reporter : Jojie Matitaputty
Editor : Wahyu Hidayat

INFOFAKFAK.COM_ Dalam kunjungan kerjanya, anggota MRP Papua Barat Pokja Agama, Dulhamidin Furu, S.S.  menjaring aspirasi masyarakat Kampung Patimburak, Distrik Kokas. 9 Januari 2022.

Dulhamidin ingin mengetahui langsung mengenai perbaikan situs Masjid Patimburak, jalan penghubung Kampung Patimburak dan wilayah sekitar, serta beberapa aspirasi lainya.

Dalam sambutannya, Dulhamidin menyampaikan bahwa, tugas MRP Pokja Agama adalah untuk menjaring aspirasi tentang hubungan umat beragama.

Menurutnya, Kampung Patimburak adalah jantung dari semangat toleransi antar umat beragama di Kabupaten Fakfak dan juga di wilayah Papua Barat.

“Patimburak menjadi simbol perekat antara umat beragama sehingga konflik-konflik antar umat beragama yang terjadi di luar justru tidak terjadi  di Kabupaten Fakfak, karena Patimburak sudah menjadi contoh,” ujarnya.

Kemudian dalam sesi penjaringan aspirasi masyarakat Kampung Patimburak, fokus pada beberapa hal diantaranya renovasi situs sejarah masjid, pembangunan taman pengajian anak, pembangunan taman pengajian ibu-ibu, guru bagi pengajian anak serta pembangunan jalan darat Kampung Patimburak.

Dulhamidin Furu menanggapi,  bahwa segala menyangkut aspirasi masyarakat Kampung Patimburak, Distrik Kokas akan segera diteruskan kepada pejabat terkait ditingkat provinsi.

“Semua yang menjadi aspirasi masyarakat Kampung Patimburak akan segera diteruskan kepada pihak terkait. Saya pikir, mengenai Masjid Patimburak yang sudah berusia 200 tahun, harus didorong sebagai pusat ziarah bagi umat muslim di Papua Barat. Jika Mansinam sebagai tempat ziarah  bagi umat Kristiani, maka Patimburak juga sebagai tempat ziarah umat Islam,” ucapnya. “Saya sangat berharap, Kampung Patimburak tidak hanya dikunjungi saat musim politik saja tetapi juga dapat dikunjungi sebagai tempat ziarah rohani bagi umat muslim. Selain itu juga berharap agar dari Kampung Patimburak juga menjadi pusat pesantren enterpreneur di Kabupaten Fakfak,” tambahnya.

Sementara itu,  Kepala Kampung Patimburak, Dahlin Iya berharap, agar aspirasi yang telah disampaikan masyarakat, bisa ditindaklanjuti, terutama pesantren Enterpreneur.

“Saya berharap dengan adanya kunjungan Bapak MRP, dapat menampung dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat dari situs sejarah, pendidikan, tempat pengajian anak dan ibu-ibu, jalan darat  bahkan  tempat pesantren <span;>enterpreneur <span;>bagi masyarakat Kampung Patimburak,” harapnya. ***

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Kapolres Fakfak Divaksin Booster Pfizer

INFOFAKFAK.COM_ Kapolres Fakfak, AKBP. Ongky Isunawan, S.I.K., Senin, 24 Januari 2022, divaksinasi lanjutan dosis 3 ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *