Home / Headline / Masjid As Sultan Di Dinas PUPR DItargetkan Selesai Sebelum Bulan Ramadhan

Masjid As Sultan Di Dinas PUPR DItargetkan Selesai Sebelum Bulan Ramadhan

Masjid As Sultan, diharapkan selesai sebelum bulan Ramadhan
Masjid As Sultan, diharapkan selesai sebelum bulan Ramadhan

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Masjid As Sultan, yang saat ini sedang dalam pengerjaan, ditargetkan selesai sebelum bulan Ramadhan depan, agar dapat dimanfaatkan untuk sholat tarawih. Masjid dengan kapasitas lebih kurang 350 jamaah ini, dibangun berlantai dua di komplek Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Fakfak, Papua Barat.

Kepala Dinas PUPR2KP, Samaun Dahlan, S.Sos. M.A.P. menjelaskan bahwa, pembangunan masjid tersebut merupakan masjid pengganti masjid lama, yang akan dipergunakan sebagai perkantoran.

“Masjid As Sultan ini tentu lebih luas dan representatif serta  dapat menampung jamaah yang lebih banyak,” ujar Samaun Dahlan, usai peringatan Hari Pekerjaan Umum. “Diharapkan, masjid ini menjadi syiar bagi Islam yang ramahmatalil’alamin,” tambahnya.

Lokasi Masjid As Sultan ini memang sudah pas, sebab mengisi ruang kosong diantara masjid-masjidyang sudah ada. Masjid terdekat dari lokasi Masjid As Sultan ini ialah Masjid Al Munawwarah di Puncak dan Masjid Jabal Nur di Jalan Kokas. Kedua masjid tersebut jaraknya cukup jauh, sehingga Masjid As Sultan akan mengisi kekosongan tersebut.

Ketua Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Fakfak, Rajab barawasi, S.Ag mengaku senang dengan pembangunan Masjid As Sultan tersebut. Menurutnya, Masjis As Sultan tepat dijadikan sebagai salah satu masjid percontohan di Fakfak.

“Karena masih baru, masjid tersebut cocok bila dijadikan sebagai masjid percontohan. Saya berharap, di masjid tersebut nantinya dapat diterapkan berbagai program nasional dari DMI, seperti green mosque atau masjid ramah lingkungan, masjid ramah anak, menejemen kemasjidan yang transparan dan digitalisasi masjid,” ujar Rajab.

Hasil penelitian dari DMI pusat disebutkan bahwa, 80% kegiatan di masjid adalah mendengarkan. Untuk itu, sound system di masjid harus baik, sehingga jamaah dapat menyimak apa yang disampaikan di masjid dengan baik pula.

Selain mengembangkan akustik atau sound system yang baik, saat ini, pengurus masjid berlomba-lomba untuk melengkapi masjidnya dengan berbagai fasilitas yang membuat nyaman jamaahnya. Untuk itu, selain akustik baik, masjid juga diharapkan sejuk dan wangi. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Samaun Dahlan Dukung Wacana “Lelang Jabatan” Ketua Takmir Masjid Agung Baitul Makmur

  Reporter : Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Ketua takmir Masjid Agung Baitul Makmur Fakfak, Papua ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *