Home / Headline / Uskup Pimpin Peletakan Batu Pertama Gereja Santo Agustinus

Uskup Pimpin Peletakan Batu Pertama Gereja Santo Agustinus

Oma Kelanit menyerahkan batu kepada Abraham Sopaheluwakan
Oma Kelanit menyerahkan batu kepada Abraham Sopaheluwakan

Fakfak_ Uskup Manokwari Sorong, Mgr. Hilarion Datus Lega, Pr. memimpin misa syukur peletakan batu pertama pembangunan Gereja Santo Agustinus Gewerpe, yang berlokasi di Kampung Gewerpe, Distrik Fakfak, Kabupaten Fakfak.

Sebelumnya, tokoh masyarat Kei yang juga mantan guru di Gewerpe, Oma Kelanit, memberikan sebuah batu yang dibungkus kain putih kepada Abraham Sopaheluwakan, yang datang mewakili Bupati Fakfak. Kehadiran guru yang sudah berusia sepuh namun terlihat bersemangat ini, diiringi dengan tarian dan musik khas masyarakat Kei.

Selanjutnya, tokoh masyarakat Tanimbar yang juga diiringi musik dan tarian khas Tanimbar, mengantar dan menyerahkan batu terbungkus kain putih kepada anggota DPRD, Cliford Ndandarmana. Batu-batu ini nantinya yang akan dipasang pada peletakan batu pertama pembangunan gereja yang memiliki sejarah di fakfak selama 83 tahun itu.

Dalam sambutannya, Abraham Sopaheluwakan mengatakan bahwa, pembangunan rumah Tuhan adalah pembangunan dengan iman.

“Pembangunan rumah ibadah bukan karena keinginan, tetapi karena kebutuhan umat. Untuk itu, pembangunan gereja ini, diharapkan dapat meningkatkan keimanan umat,” ujar Bram, panggilan Abraham Sopaheluwakan.

Senada dengan itu, Cliford Ndandarmana, anggota DPRD yang juga merupakan tokoh masyarakat Gewerpe mengharapkan agar gereja dimanfaatkan dengan baik.

“Inilah gereja yang dibangun oleh pemerintah. Jadi, setelah gereja dibangun, jangan sampai gereja kosong. Sebab, pembangunan gereja ini adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” ujar Cliford.

Peletakan batu pertama selanjutkan dilakukan oleh Uskup, yang dilanjutkan oleh Abraham Sopaheluwakan, dan beberapa tokoha masyarakat lainnya, termasuk Raja Fatagar, Taufik Heru Uswanas. (wah)

 

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Mobil Akustik Masjid, Mendata Sound System Dan Status Masjid

Fakfak_ Salah satu dari 10 program unggulan DMI atau Dewan Masjid Indonesia, adalah pemeliharaan akustik ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *