Home / Fakfak News / Ekonomi / Sidak Komisi II dan III di Pelabuhan Belum Temukan Pungli

Sidak Komisi II dan III di Pelabuhan Belum Temukan Pungli

Fakfak_ Komisi II dan III DPRD Kabupaten Fakfak, Rabu lalu (4/2) melakukan inspeksi mendadak ke Pelabuhan Fakfak. Meski diistilahkan sidak, sebenarnya pihak ‘penguasa’ pelabuhan telah mengetahui rencana ini. Nampak Menejer Pelindo Fakfak, Bambang P Handoko dan Plt Kepala KSOP, Glen Mark Ferillian, menemui para wakil rakyat.

 

Menurut Wakil Ketua DPRD Kabupaten Fakfak yang ikut dalam sidak, Samaun Hegemur, SE., kunjungan kali ini masih sebatas cek bongkar muat kontainer dan bertemu para buruh.

 

“Kami melihat proses bongkar muat barang. Saat ini, untuk masalah ini hanya satu perusahaan saja yang melayani angkutan barang, sehingga bisa berdampak pada lonjakan harga barang. Kami juga menyorot masalah keselamatan dan kesehatan TKBM. Untuk masalah dugaan adanya pungli, kami belum menemukan hal tersebut,” jelas Samaun.

 

Dijelaskan Samaun, sebagai tindak lanjut sidak ini, pihaknya akan segera menggelar RDP atau Rapat Dengar Pendapat, yang akan mengundang pihak terkait.

 

“RDP nantinya akan melibatkan Pelindo, KSOP, EMKL, distributor barang serta pihak pemerintah terkait. Diharapkan, dari RDP ini, akan ditemukan solusi masalah harga barang yang melambung ini,” kata Samaun.

 

Tingginya harga barang barang, utamanya barang kebutuhan pokok di Fakfak, sudah saatnya diatur melalui kebijakan HET atau Harga Eceran Tertinggi, yang dalam hal ini ditentukan oleh Bupati. Dengan begitu, pedagang tidak boleh menjual harga melampaui HET yang sudah ditetapkan.

 

“Soal HET memang belum ada di Fakfak,” ujar Samaun mengakui.

 

Menyerahkan masalah harga kepada pasar, pada dasarnya harus dijauhi. Ada yang menyebut bahwa ini merupakan bagian dari neo kapitalisme. Sebab, segala sesuatu yang berkenaan dengan hajat hidup orang banyak atau rakyat, seharusnya dikendalikan oleh pemerintah. (wah)

 

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Bapemperda DPRD Fakfak Bahas Raperda Koperasi

Fakfak_ Dewan Perwakilan  Daerah Kabupaten Fakfak, tengah menggodok 3 Rancangan Peraturan Daerah atau Raperda. Ketiga ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *