Home / Headline / 20 Pemuda Fakfak Dididik LPK Gemura Untuk Optimalkan Potensi Pariwisata

20 Pemuda Fakfak Dididik LPK Gemura Untuk Optimalkan Potensi Pariwisata

Bina Akrab dan Silaturahim yang diselenggarakan di Kampung Wambar, Distrik Timur Tengah, Kabupaten Fakfak. (Foto Ayu)

 

Reporter : Sri Mariati
Editor : Wahyu Hidayat

INFOFAKFAK.COM_ LPK atau Lembaga Pelatihan Kerja Gemura, berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Fakfak, Papua Barat, akan memberikan pelatihan kepada 20 putra dari Distrik Fakfak Timur Tengah, untuk dididik, guna mengoptimalkan potensi sumber daya alam di Kabupaten Fakfak.

Hal ini disampaikan Oktasari Sabil, CEO LPK Gemura dalam acara Bina Akrab dan Silaturahim yang diselenggarakan di Kampung Wambar, Distrik Timur Tengah, Kabupaten Fakfak, pada Rabu, 4 Januari 2023.

Menurut Oktasari, Kabupaten Fakfak merupakan daerah yang sangat kaya potensi sumber daya alamnya. Salah satunya adalah potensi pala, yang dikatakan sebagai pala terbaik di dunia.

“Fakfak merupakan penghasil rempah pala dengan kualitas terbaik di dunia. Ini yang ingin terus dijaga dan dikembangkan, agar bisa menjadi salah satu potensi ekonomi bagi masyarakat kabupaten Fakfak,” ujarnya.

Menyinggung potensi pariwisata di Kabupaten Fakfak, Oktasari mengemukakan bahwa, potensi pantai-pantai di Kabupaten Fakfak masih banyak yang perlu dieksplorasi.

“Keindahan kabupaten Fakfak harus didorong dengan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni dan berkualitas dalam pengelolaan sumber daya alam (SDA),” ujar Oktasari.

Untuk itulah, LPK Gemura akan mendidik 20 putra dari Distrik Fakfak Timur Tengah dalam ilmu pariwisata di kampusnya.

LPK Gemura juga sudah MoU dengan beberapa hotel di beberapa negara, seperti Malaysia, Singapura, Philpina dan Thailand. Namun bila anak didik tetap mau di Indonesia, LPK Gemura juga telah MoU dengan beberapa hotel bintang 4 hingga 5 di kota-kota besar di Indonesia,” tutup Oktasari Sabil.

Kepala distrik Fakfak Timur Tengah Kabupaten Fakfak, Marthen Ronald Wouw, S.ST., MBA., dalam kesempatan yang sama menyampaikan komitmennya untuk melakukan pembenahan terhadap sumber daya manusia di Distrik Fakfak Timur Tengah.

Menurutnya, potensi sumber daya alam atau SDA sudah tersedia, tinggal SDM yang harus dibenahi.

“Saya sudah menyampaikan kepada seluruh Kepala Distrik, bahwa saya ingin  Distrik Fakfak Timur Tengah menjadi pusat pelatihan bagi dunia pariwisata, termasuk bidang baharinya,” ujar Marthen.

Selain dihadiri 10 kepala kampung dari Distrik Fakfak Timur Tengah, juga nampak hadir perwakilan dari 17 distrik se-Kabupaten Fakfak. ***

 

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Video Viral Bocil Hamil, Adakah Pelanggaran Kode Etik Kedokteran?

  Reporter : Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM_ Beberapa hari ini masyarakat Kabupaten Fakfak, Papua Barat, dihebohkan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *