Home / Headline / Pemda Fakfak Programkan Nelayan Dan Petani Tercover BPJS Ketenagakerjaan

Pemda Fakfak Programkan Nelayan Dan Petani Tercover BPJS Ketenagakerjaan

Bupati dan Wakil Bupati Fakfak berpose bersama 6 anak penerima Manfaat Beasiswa Pendidikan Anak BPJS Ketenagakerjaan. ( Foto IF)

Reporter: Wahyu Hidayat
INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Pemerintah Kabupaten Fakfak memprogramkan sebanyak 1.500 nelayan dan petani tercover atau terlindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan. Hal ini disampaikan oleh Bupati Fakfak, Untung Tamsil, S.Sos. M.Si. saat menyerahkan Manfaat Beasiswa Pendidikan Anak dari BPJS Ketenagakerjaan, pada Jumat, 30 April 2021 di kediaman Bupati Fakfak.

“Akan kami buat databasenya dulu. Untuk tahap pertama, bisa petani sebanyak 500 orang dan nelayan 1000 orang. Dengan telah terlindunginya mereka oleh BPJS Ketenagakerjaan, diharapkan mereka lebih nyaman dan tenang saat bekerja,” ujar Bupati.

Nantinya, menurut Wakil Bupati Fakfak Yohana Dina Hindom, S.E., M.M. yang juga hadir dalam penyerahan Manfaat Beasiswa Pendidikan Anak tersebut, “Program perlindungan BPJS Ketenagakerjaan ini bukan hanya menyasar nelayan dan petani saja, namun diupayakan akan menjangkau sektor pekerjaan yang lain seperti sopir taksi, ojek juga tokoh agama,”

“Kami menginginkan program program ini akan terkoneksi dalam satu kartu, yakni kartu Fakfak Tersenyum, yang bekerja sama dengan salah satu bank. Kartu tersenyum tersebut nantinya bisa juga berfungsi sebagai ATM, sehingga bantuan dari pemerintah daerah bisa langsung masuk ke rekening penerima masing-masing,” pungkas Bupati.

Sebanyak 6 anak dari 4 peserta BPJS Ketenagakerjaan, sore kemarin menerima beasiswa yang diserahkan oleh Bupati dan Wakil Bupati Fakfak.

Mereka antara lain, Hasrul dan Herwin, putra dari almarhum Nawir. Ransel Nelson R, putra almarhum Melkianus Rahareng. Joshua Melewarin dan Jesen Kalter Elewarin,  putra almarhum Hengki Elewarin, serta Furqon Rumonin, putra almarhum Mahmud Rumonin.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Fakfak, Carolus Pg Sigalingging menjelaskan, “Untuk mahasiswa, menerima beasiswa sebesar 12 juta pertahun. Pelajar setingkat SMA menerima beasiswa Rp3.000.000 per tahun, anak setingkat SMP menerima beasiswa sebesar 2 juta per tahun dan untuk anak setingkat SD menerima beasiswa sebesar Rp1.500.000 per tahun,”

Menurut Carolus, besaran iuran BPJS Ketenagakerjaan adalah rp201.000 per tahun atau rp16.750 per bulan.

Dengan iuran yang lebih murah dari sebungkus rokok tersebut, peserta  mendapatkan banyak manfaat, yang akan membuat  tenang dalam bekerja. ***

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Hadap Bupati, Panwas Distrik Se-Kabupaten Fakfak Keluhkan Honor Belum Dibayar

Reporter : Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Belasan komisioner Panwas Distrik yang mewakili rekan-rekan mereka se-Kabupaten ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *