Home / Headline / Tak Patuh Protokol Kesehatan, Bisa Didenda 50.000 Dan 150.000 Rupiah

Tak Patuh Protokol Kesehatan, Bisa Didenda 50.000 Dan 150.000 Rupiah

Sosialisasi pemakaian masker bagi pengendara kendaraan bermotor di depan Pasar Kelapa Dua, Jl. Salasa Namudat Fakfak (Foto IF)

Reporter : Wahyu Hidayat
INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Tim gabungan sosialisasi pencegahan covid-19 Kabupaten Fakfak, Kamis, 1 Oktober 2020, menyosialisasikan Peraturan Bupati Fakfak nomor 56 tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Kabupaten Fakfak.

Tim yang terdiri atas personel BPBD Kabupaten Fakfak, Humas dan Protokol Setda Fakfak, Subdenpom Fakfak, Polres Fakfak, Satpol PP Kabupaten Fakfak dan wartawan ini, menyasar Jl. Yos Sudarso Wagom, daerah puncak dan Pasar Kelapa Dua.

Koordinator II tim sosialisasi, Arifin Man Arfa menyampaikan bahwa, sosialisasi difokuskan memberikan pemahaman atas Peraturan Bupati Fakfak nomor 56 tahun 2020, yang mengatur sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan.

“Hari ini, gugus tugas covid-19 Kabupaten Fakfak, akan menggelar rapat terkait arus masuk dan keluar masyarakat melalui pelabuhan dan bandara Fakfak, serta membahas Perbup 56 tahun 2020. Untuk itu, sambil  menunggu hasil rapat tersebut, tim sosialisasi akan menyosialisasikan sanksi bagi masyarakat yang kedapatan tidak patuh terhadap protokol kesehatan sebagaimana yang diatur dalam perbup 56 tahun 2020 tersebut,” ujar Arifin.

Menurut Arifin, sosialisasi masih sangat dibutuhkan,  agar penerapan protokol kesehatan menjadi kebiasaan di masyarakat.

Dalam Perbub 56 tahun 2020, sanksi atas pelanggaran protokol kesehatan berupa teguran lisan atau tertulis, kerja sosial, serta denda administratif Rp50.000 bagi orang yang melanggar.

Sedangkan bagi pengelola, penyelenggara atau penanggung jawab tempat dan fasilitas umum yang kedapatan tidak melaksanakan protokol kesehatan,  didenda administratif 150.000 rupiah.

Meski sosialisasi masalah protokol kesehatan telah berlangsung sekitar 7 bulan, namun nyatanya, masih banyak ditemukan masyarakat, yang tidak patuh terhadap protokol kesehatan, utamanya tidak mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Bahkan, saat tim menyosialisasikan pemakaian masker bagi pengendara kendaraan bermotor  di depan Pasar Kelapa Dua, Jl. Dr. Selasa Namudat Fakfak, sempat dua kali terjadi kesalahpahaman terkait tidak patuhnya warga, saat diminta mengenakan masker.

Untungnya, permasalahan ini dapat diselesaikan dengan baik. Dan kepada salah seorang warga, tim sosialisasi memberikan sanksi, agar warga tersebut mengucapkan Pancasila dengan benar. ***

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Keluarga Besar Nababan Fakfak, Rayakan Partangiangan Borsak Mangatasi Nababan Boru Bere/Ibebere Ke 65

Reporter : Sri Maryati     | Editor : Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Keluarga besar Nababan yang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *