Home / Fakfak News / Ekonomi / Petani Pala Minta Harga Pala Naik Menjadi 600.000

Petani Pala Minta Harga Pala Naik Menjadi 600.000

Persatuan Petani Pala Fakfak meminta kenaikan harga pala
Persatuan Petani Pala Fakfak meminta kenaikan harga pala

 

Fakfak_ Persatuan Petani Pala Fakfak, meminta Bupati Fakfak untuk mengeluarkan surat edaran yang mengatur harga minimum pala Fakfak. Petani beralasan, pala yang merupakan sumber penghasilan di Fakfak, mengalami kemelorotan harga, sehingga harus dinaikkan.

Permintaan para petani pala ini, disampaikan dalam aksi demo puluhan petani pala di Kantor DPRD Kabupaten Fakfak, pada Senin (29/11) lalu.

Dalam lembar pernyataannya, para petani meminta agar Bupati menetapkan harga pala secara layak. Petani meminta agar pala mentah dihargai 600.000 rupiah untuk 1.000 bijinya. 1 kg pala kering kulit, dipatok seharga 100.000 rupiah. 1 kg pala ketok super, naik menjadi 150.000, dan 1 kg pala ketok campuran seharga 120.000 rupiah. Sedangkan 1 kg bunga pala, diminta dihargai 170.000 rupiah.

Selain menuntut kenaikan harga pala, petani pala juga mendorong agar DPRD dan Pemda segera merealisasikan Perda tentang perdagangan pala.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Fakfak, Semuel Hegemur yang menerima demonstran, menyatakan akan mendukung permintaan petani pala dan akan meminta pemerintah daerah, dalam hal ini Bupati Fakfak, untuk serius membahas masalah ini.

“Kalau perlu harus ada keputusan mengenai tuntutan ini,” kata Semuel.

Sambil menunggu pembicaraan antara DPRD dan Bupati yang tengah melaukan kunjungan kerja ke Distrik Kokas, para petani pala menuju ruang sidang paripurna. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Bupati Resmikan Pasar Rakyat Bomberay Dan Serahkan Bantuan

Reporter : Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM, BOMBERAY_ Bupati Fakfak, Untung Tamsil, S.Sos., M.Si. meresmikan Pasar Rakyat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *