Home / Headline / Sulit Air, Direktur PDAM Minta Kita Ambil Hikmahnya

Sulit Air, Direktur PDAM Minta Kita Ambil Hikmahnya

Mesin pompa air PDAM yang rusak
Mesin pompa air PDAM yang rusak

Fakfak_ Hampir 2 minggu ini, masyarakat Fakfak kini sedang mengalami kesulitan air bersih. Air harapan dari PDAM, sudah tidak bisa diharapkan lagi. Minimal hingga lebaran ini.

Kosongnya pipa-pipa PDAM dari air dan berganti angin, salah satunya disebabkan factor alam dan kurang cermatnya perencanaan menejemen PDAM. Menurunnya debit air dari sumber kali mati hingga dibawah 10 liter/detik, memang menjadi kendala serius bagi ketersediaan air bersih. Pasokan Wagom dan sekitarnya, bisa dikatakan jauh dibawah kebutuhan.

Sementara itu, limpahan sumber air dari sumber air besar belum bisa dimanfaatkan dengan maksimal. Air lebih banyak mengalir ke laut. Kondisi ini semakin parah, ketika seluruh mesin pompa air atau 3 mesin pompa yang berada di Newewikarya, kini sedang “tidur pulas” alias rusak. Akibatnya, air dari sumber air besar hanya mengalir menurut “kemauan alam” atau tarikan grafitasi saja.

Direktur PDAM, Ali Rengen, berharap masyarakat dapat mengambil hikmah, agar lebih bijak dalam menggunakan air. Sebab menurutnya, disaat air melimpah, kita sering lengah dan menggunakan air berlebihan.

“3 pompa air di Newewikarya seluruhnya rusak. Begitu juga 2 mesin pompa di depan rumdin wakil bupati. Hanya 1 mesin saja yang bekerja,” jelas Ali Rengen.

Menurut Ali Rengen, rusaknya mesin-mesin tersebut dikarenakan usia mesin sudah diatas 10 tahun. Selain itu, sejak direktur-direktur sebelumnya, masalah ini belum juga terpecahkan.

“Pemda sudah membeli 5 mesin pompa. Jadi bulan ini air sudah normal,” terangnya.

Tetapi, perkiraan ini agaknya sulit direalisasikan. Sebab, dimana posisi mesin mesin tersebut, Direktur mengaku belum tahu. Apalagi, lamanya transportasi, setting alat, serta masalah lainnya, akan menjadi kendala. Jadi, sebaiknya masyarakat jangan terlalu berharap dulu.

Kondisi riil terkini, membeli air dari truk PDAM antri sangat panjang. Membeli air dari pihak swasta yang harganya dipatok 120.000/m3 juga tak jauh beda. Akibatnya, cukup banyak yang terpaksa mandi menggunakan air galon seharga 8.000. Mandi saja sudah mahal! (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Anggaran Air Bisa Tembus 1 Juta

Fakfak_ Tak dapat dipungkiri, kebutuhan air di Kabupaten Fakfak menempati posisi teratas, selain kebutuhan listrik. ...

One comment

  1. Sangat diperlukan reformasi total Manajemen Pelayanan PDAM di Kabupaten Fakfak !!! Kontribusi pagi PAD juga sangat kecil jika dibandingkan dengan besar-nya anggaran subsidi bagi PDAM Fakfak selama ini ???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *