Home / Headline / Pemakaian VIP Room Bandara Torea Amburadul

Pemakaian VIP Room Bandara Torea Amburadul

S Mahendra, Kepala Bandara Torea Fakfak
S Mahendra, Kepala Bandara Torea Fakfak

Fakfak_ Mungkin, ada perasaan bangga saat bisa menikmati fasilitas VIP (Very Important Personal) atau yang jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia secara bebas, bisa diartikan sebagai Orang Penting Banget (OPB).

 

VIP room atau ruangan OPB di Bandara Torea, sejatinya diperuntukkan bagi orang-orang tertentu yang masuk dalam kategori orang penting, seperti Bupati, Gubernur, dll. Tetapi yang terjadi adalah, pemakaian ruangan OPB di Bandara Torea ini, bisa dikatakan amburadul alias tidak jelas.

 

Kepala Bandara Torea Mahendra menjelaskan bahwa, pemakaian VIP room atau ruangan OPB dibawah wewenang pemerintah daerah.

 

“Untuk VIP room memang kewenangan pemda, meski berada di dalam otoritas bandara. Kami sudah pernah mengirim surat kepada Bupati, yang isinya untuk menertibkan pemakaian VIP room. Sebab yang kami lihat, banyak orang yang tidak masuk dalam kategori VIP, masuk dan keluar melalui VIP room. Selain mereka tidak membayar airport tax (restribusi bandara), juga rentan terhadap faktor keamanan,” jelas Mahendra. “Lalu, apa gunanya kami membangun terminal penumpang,” lanjutnya.

 

Dalam kasus keberangkatan AT, tersangka kasus korupsi yang menikmati fasilitas VIP room kemarin, Mahendra mengaku tidak diberitahu.

 

“Biasanya mereka (jaksa) koordinasi dengan saya. Sebab biasanya, tersangka lewat pintu pemadam kebakaran ketika pesawat sudah siap. Tapi pengiriman AT ini, saya tidak tahu kalau menggunakan fasilitas VIP room,” ujar Mahendra.

 

Meski dibawah wewenang pemda, karena berhubungan dengan keamanan penerbangan, mestinya pemda mengatur ketertiban penggunaan VIP room atau ruangan OPB itu. Bayangkan, karena di VIP room tidak ada peralatan x- ray, OPB alias orang penting banget tadi, bisa leluasa memasukkan senjata, narkoba, serta barang berbahaya lainnya. Jangan sampai penertiban penggunaan VIP room dilakukan setelah terjadi musibah, seperti di negara lain. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Setelah Tutup 19 Hari, Bandara Torea Kembali Normal

Fakfak_ Kedatangan pesawat wings air pagi tadi (29/1), menjadi pertanda Bandara Torea Fakfak, Papua Barat, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *