Home / Headline / Isak Tertahan Bupati Fakfak Dalam Wasiat Peringatan Hari Jadi Fakfak Ke-122

Isak Tertahan Bupati Fakfak Dalam Wasiat Peringatan Hari Jadi Fakfak Ke-122

Bupati Fakfak Untung Tamsil (tengah) saat mendampingi Pejabat Gubernur Papua Barat (kiri) ketika menerima cenderamata dari masyarakat Kabupaten Mimika usai upacara bendera memperingati hari jadi Kabupaten Fakfak ke-122. (Foto Ayu)

Reporter : Wahyu Hidayat

INFOFAKFAK.COM_  Bupati Fakfak Untung Tamsil, S.Sos., M.Si., terisak-isak menahan tangis, saat menyampaikan wasiat atau sambutan pada upacara bendera memperingati hari jadi Kabupaten Fakfak ke-122, yang diselenggarakan di halaman rumah negara rumah atau rumah dinas Bupati Fakfak, pada Rabu pagi,16 November 2022.

Suara Bupati mulai bergetar, tatkala menyebutkan bahwa, untuk membangun Fakfak diperlukan peran aktif semua pihak, termasuk masyarakat nusantara yang tinggal dan turut membangun di Kabupaten Fakfak.

“Kabupaten Fakfak adalah negeri tertua di Jazirah Onim, dengan semboyan satu tungku tiga batu, y<span;>ang menjadi landasan kehidupan masyarakat Fakfak. Semoga tatanan ini bisa dipertahankan,” ucap Bupati Fakfak dalam wasiatnya.

Upacara bendera yang dilaksanakan tersebut merupakan puncak seremonial memperingati hari jadi Kabupaten Fakfak ke-122, setelah sebelumnya dilaksanakan beberapa agenda penting lainnya, seperti rapat kerapatan adat, malam ramah tamah dan gaung bersambut.

Sebelum upacara bendera dilangsungkan, diawali dengan peniupan terompet oleh Ketua Dewan Adat Mbaham Matta Kabupaten Fakfak, serta pemukulan gong oleh Ketua Lembaga Masyarakat Adat Kabupaten Fakfak

Dalam upacara ini, nampak hadir Pejabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw, Bupati Mimika Johanes Rettob dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Mimika, Bupati Kaimana Freddy Thie serta Wakil Bupati Teluk Bintuni <span;>Matret Kokop, S.H.

Selain itu, hadir pula puluhan warga Suku Amungme dan Kamoro dari Kabupaten Mimika, yang hadir khusus untuk merayakan peringatan HUT Kabupaten Fakfak ke-122.

Perlu diketahui, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Kaimana, sebelum pecah menjadi kabupaten sendiri, merupakan salah satu distrik atau Kecamatan dari Kabupaten Fakfak.

Di akhir acara, dilakukan ramah tamah dan penyerahan cinderamata. Dan untuk selanjutnya, rangkaian peringatan hari jadi Kabupaten Fakfak ke-122 akan dilanjutkan dengan rapat paripurna istimewa di Gedung DPRD Kabupaten Fakfak serta kunjungan para tamu undangan ke Pulau Tubir Seram***

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Anies Dijadwalkan Hadiri Jambore AFKN,  Jaringan Anies Fakfak Konsolidasi

  Reporter : Kartini Ali Editor : Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Jaringan Anis atau Jarnis ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *