Home / Fakfak News / Pendidikan / Upaya Selesaikan Masalah Baca Tulis Anak SD, Diknas Fakfak Gandeng Yayasan Nusantara sejati

Upaya Selesaikan Masalah Baca Tulis Anak SD, Diknas Fakfak Gandeng Yayasan Nusantara sejati

Dr. Dharma Palekahelu dari Yayasan Nusantara Sejati memberikan materi Sosialisasi Kemampuan Asesmen Baca Tulis Kelas Awal. (Foto Istimewa)

 

Reporter : Jojie Mustika Matitaputty
Editor : Wahyu Hidayat

NFOFAKFAK.COM_ Kegiatan Sosialisasi Asesmen Kemampuan Baca Tulis Kelas Awal Kabupaten Fakfak Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Fakfak bersama Yayasan Nusantara Sejati, mengikutsertakan 20 kepala SD dan 12 enumertor. Kegiatan ini dilaksanakan Kamis, 8 September 2022 di Balai Diklat Pemda Fakfak.

Dr. Dharma Palekahelu, ketua tim riset Yayasan Nusantara Sejati menjelaskan, sosialisasi asesmen kemampuan baca tulis merupakan langkah awal dari keinginan pemerintah daerah dalam menyelesaikan persoalan literasi.

Literasi sendiri dapat diartikan, kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu, yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, literasi tidak bisa dilepaskan dari kemampuan berbahasa.

Sosialisasi ini juga  bertujuan memberikan persamaan presepsi, apa dan bagaimana yang harus dilakukan dalam menangani persoalan baca tulis di Kabupaten Fakfak.

JNE Fakfak buka jam 9 pagi, tutup jam 5 sore. Untuk informasi hubungi 082199710888

 

“Kita akan melakukan base line study atau studi awal untuk  mengetahui persoalan apa yang mempengaruhi kemampuan baca tulis  anak-anak sekolah dasar kelas 2 di Kabupaten Fakfak, sehingga dari sana kita akan mengetahui masalah apa yang ada . Kemampuan baca tulis mereka seperti apa dan  itu kemudian menjadi dasar bagi kami untuk merancang program intervensi,“ jelas Dharma. “Program intervensi yang dilakukan selama 2 tahun akan dibandingan dengan instrument yang sama, sehingga  kami dapat melihat seberapa besar progress yang dilakukan dan dicapai oleh anak-anak selama program intervensi dua tahun,” lanjutnya.

Dalam kesempatan ini, beberapa Kepala SD menyampaikan pengalamannya dalam menangani persoalan literasi bagi anak SD.

Salah satu peserta enumerator yang akan bertugas dalam  pengumpulan data dilapangan, Ricard Riruma mengapresiasi langkah Pemerintah Daerah Fakfak. Menurutnya, kegiatan ini  merupakan hal baik dari pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan.

“Ini Upaya yang baik dari Pemerintah Kabupaten Fakfak untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam konteks literasi lewat penelitian akademis. Kegiatan ini juga melibatkan anak–anak muda Fakfak sebagai enumerator dalam proses asesmen adalah hal baik.  Saya berharap semua aspek selain pendidikan jika dilakukan upaya sama yaitu lewat riset akamedis, maka kita akan lebih kuat, “ ujar Ricard. ***

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

FIKOM UNITOMO Gelar Acara Cosplay, Bentuk Dukungan Kreatifitas Anak Muda

  Pewarta : Amrin Landupa INFOFAKFAK.COM_ Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dr. Soetomo mengadakan acara jejepangan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *