Home / Info Kampung / Siaga Bencana, BPBD Fakfak Gelar Gladi Simulasi Bencana Alam

Siaga Bencana, BPBD Fakfak Gelar Gladi Simulasi Bencana Alam

Simulasi penanganan pertama pada korban bencana alam. (Foto IF)

Reporter : Wahyu Hidayat

INFOFAKFAK.COM, PARIWARI_ BPBD Kabupaten Fakfak, Papua Barat, Senin, 20 Desember 2021, melaksanakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Gladi Simulasi Bencana Alam.

Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor BPBD kabupaten Fakfak ini diikuti oleh siswa perwakilan dari  beberapa sekolah, dan undangan lain dari jajaran Pemerintah Kabupaten Fakfak serta wartawan.

Sekretaris Daerah Fakfak, Drs. H. Ali Baham Temongmere, M.T.P. menjelaskan pentingnya kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam, mengingat Kabupaten Fakfak juga berpotensi mengalami bencana alam.

“Pemerintah Daerah memiliki kewajiban untuk mempersiapkan secara dini, agar bisa meminimalisir atau mengurangi dampak bencana alam bila bencana alam tersebut terjadi. Untuk itu diperlukan pengetahuan dengan melakukan pelatihan dan simulasi penanganan bencana alam, baik bagi petugas maupun bagi masyarakat,” jelas Ali Baham Temongmere.

Antisipasi serta kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam di Indonesia sangat penting, sebab Indonesia memang termasuk negara yang rawan bencana alam.

“Ada puluhan ribu patahan yang ada di Indonesia, sehingga hal ini berpotensi menyebabkan bencana alam. Untuk itu pengetahuan tentang penanganan bencana alam, penting dilakukan,” ujar Rima Idrus, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Fakfak.

Selain paparan materi dari Sekretaris Daerah Fakfak dan BPBD, dalam kegiatan yang berlangsung 1 hari tersebut juga disampaikan materi dari Pos SAR Fakfak.

Dalam kesempatan ini, Abdi Takamokan, Komandan Pos SAR Fakfak,  menyampaikan materi singkat terkait bencana dan penanganan korban.

Peserta kegiatan juga diajarkan secara langsung praktek pertolongan pertama pada korban bencana alam.

Dari kegiatan ini, salah seorang peserta mengusulkan perlunya pemerintah daerah melibatkan masyarakat secara luas, melakukan simulasi menghadapi bencana alam  sgar nantinya masyarakat memiliki pengetahuan dan kesiapsiagaan ketika bencana tersebut terjadi. ***

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Korem 182/JO dan Kodim Jajaran Tanam Padi dan Jagung Serentak

  Reporter : Sri Maryati INFOFAKFAK.COM_ Untuk membantu pemerintah meningkatkan ketahanan pangan, Komandan Korem 182/JO, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *