Home / Info Kampung / iPusda Fakfak Dilaunching, Inovasi Digital Library Pertama di Papua Barat

iPusda Fakfak Dilaunching, Inovasi Digital Library Pertama di Papua Barat

Wakil Bupati Fakfak, Yohana Dina Hindom didampingi Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Nasional Kabupaten Fakfak, Sopia Hindom, S.E serta perwakilan Aksaramaya melaunching iPusdaFakfak. (Foto Jojie)

Reporter : Jojie G Matitaputty
Editor : Wahyu Hidayat

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Fakfak, Rabu, 15 Desember 2021,  melaunching dan menyosialisasikan iPusdaFakfak, aplikasi perpustakaan digital berbasis media sosial pertama di Provinsi Papua Barat. Launching ini dilangsungkan di Gedung Winder Tuare, komplek rumah dinas Bupati Fakfak.

Grand Launching dan Sosialisasi iPusdaFakfak pagi tadi, dihadiri oleh Wakil Bupati Fakfak, Yohana Dina Hindom, S.E., M.M., Kepala Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Nasional Kabupaten Fakfak, Sopia Hindom, S.E. dan perwakilan Patnership Aksaramaya.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Fakfak, Yohana Dina Hindom, menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Fakfak sangat mengapresiasi kinerja Kepala Dinas beserta jajarannya,  dalam mewujudkan amanat undang – undang No 3 tahun 2017 tentang Sistem Pembukaan pada Pasal 4 Huruf C, dimana menjelaskan mengenai menumbuhkan budaya literasi seluruh warga negara Indonesia. Juga, undang – undang No 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan pada Bab 5 Pasal 14 poin 3 yaitu, setiap perpustakaan mengembangkan layanan perpustakaan sesuai dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.

“Untuk itu diharapkan, aplikasi IpusdaFakfak adalah bentuk Inovasi dalam menumbuhkan budaya literasi anak muda dan masyarakat fakfak pada umumnya dan juga sebagai wujud jawaban dalam tantangan pelayanan perpustakaan di era digital,” terang Yohana.

Dalam kesempatan yang sama, Aang, perwakilan Patnership Aksaramaya selaku perusahaan pengembang aplikasi menyampaikan, “Kabupaten Fakfak adalah Kabupaten yang pertama di Provinsi Papua Barat dalam pengembangan inovasi perpustakaan digital. Aplikasi ini dikembangkan oleh aksaramaya lalu tupoksi Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Nasional Kabupaten Fakfak, hanya mengisi konten-konten yang memang dibeli dari penerbit atau konten-konten internal seperti dari sekolah-sekolah dan komunitas,”

Lebih jauh, Aang menjelaskan, iPusdaFakfak memiliki banyak fitur namun yang menarik adalah fitur ikitaka,  dimana seluruh sekolah atau komunitas penulis bisa mengupload tulisannya ke IpusdaFakfak.

Cara penggunaan iPusdaFakfak juga sangat mudah dengan cara login dengan akun email atau akun facebook. Setelah Login, akan ada verifikasi satu kali seumur hidup.

Setelah verifikasi, maka member sudah bisa meminjam seluruh judul buku selama kurun waktu yang sudah ditentukan, jika hari peminjaman telah berakhir maka buku bacaan tersebut akan terlock kembali.

Mengenai jumlah buku yang tersedia dalam aplikasi iPusdaFakfak, ada sekitar 1.400 judul buku dan 1.000 buku SD, SMP dan SMA.

“Kedepan akan ditambahkan lagi oleh Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Nasional Kabupaten Fakfak,” jelas Aang.

Akhir kegiatan, dilakukan penandatanganan MoU antara Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Nasional Kabupaten Fakfak dengan perwakilan perusahaan Aksaramaya. ***

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Kapolres Fakfak Divaksin Booster Pfizer

INFOFAKFAK.COM_ Kapolres Fakfak, AKBP. Ongky Isunawan, S.I.K., Senin, 24 Januari 2022, divaksinasi lanjutan dosis 3 ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *