Home / Headline / Nonton Debat Publik Cabup Cawabup Fakfak, Tukang Ojek Sarankan Ini

Nonton Debat Publik Cabup Cawabup Fakfak, Tukang Ojek Sarankan Ini

Suasana debat publik calon bupati dan wakil bupati Fakfak tahun 2020. (Foto ist)

Reporter : Wahyu Hidayat
INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ KPU Kabupaten Fakfak, Senin, 9 November 2020, menyelenggarakan Debat Publik Calon Bupati dan Wakil Bupati Fakfak Tahun 2020, yang diselenggarakan di aula RRI Fakfak.

Debat publik yang tertutup bagi wartawan ini, disiarkan melalui TVRI, RRI serta media sosial youtube dan facebook “plat merah” milik KPU Kabupaten Fakfak.

Dari pantauan jumlah tayangan siaran langsung facebook, nampak antusiasme masyarakat Fakfak untuk bisa menyaksikan debat publik yang dinanti-nantikan ini.

Diperkirakan, masyarakat yang yang menyaksikan debat publik melalui media sosial, lebih banyak daripada yang disiarkan oleh TV dan radio.

Sayangnya, siaran langsung melalui facebook oleh akun KPU Kabupaten  Fakfak ini,  dinilai masih belum maksimal.

“Andai diijinkan, tentu kami ingin melihat secara langsung. Namun menyaksikan melalui siaran langsung di facebook sudah cukup baik. Hanya, suaranya belum jelas,  serta tampilan yang vertikal. Seharusnya tampilannya bisa landscape, sehingga frame gambar menjadi lebih lebar dan lebih baik,” ujar Dimas, seorang tukang ojek saat ditemui di sebuah warung.

Saat itu, disela-sela makan siangnya, Dimas nampak memperhatikan siaran langsung debat publik melalui hp-nya.

Dimas berharap, pada debat publik kedua, mutu siaran langsung bisa ditingkatkan.

“Yang paling pas, ya menyaksikan melalui media sosial. Sebab kalau melalui TVRI,  harus memakai parabola. Kalau mendengar dari radio, HP harus tersambung dengan headset dan tidak ada gambarnya,” kata Dimas.

Disisi lain, beberapa wartawan merasa kurang nyaman, lantaran tidak dapat menyaksikan debat publik dari ruang debat. Wartawan hanya bisa menyaksikan debat dari sela-sela kaca aula RRI Fakfak.

Mungkin karena kecewa, wartawan memilih tidak mengikuti sesi press conference oleh para kandidat, yang sedianya dilangsungkan setelah debat publik selesai.

Semoga pelaksanaan debat publik jilid 2 lebih baik, agar informasi tersebar dengan baik, untuk meningkatkan prosentase partisipasi masyarakat Fakfak. ***

 

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Penetapan DPT Tertunda, Karena Menunggu Pleno 2 PPD

Reporter : Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM, PARIWARI_ KPU Kabupaten Fakfak, Papua Barat, pada Rabu (14/10/2020) malam, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *