Home / Info Kampung / Kepala Kampung Goras, Peserta Terbaik Bimbingan Teknis Sistem Informasi RAB  Desain Pembangunan Kampung Kabupaten Fakfak

Kepala Kampung Goras, Peserta Terbaik Bimbingan Teknis Sistem Informasi RAB  Desain Pembangunan Kampung Kabupaten Fakfak

    Foto bersama usai kegiatan. (Foto Ist)

Reporter : Sri Maryati     | Editor : Wahyu Hidayat
INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Samsudin Napitupulu, Kepala Kampung Goras, Distrik Mbahamdandara, Fakfak, Papua Barat, meraih prestasi sebagai peserta terbaik dalam Bimbingan Teknis Sistem Informasi RAB  Desain Pembangunan Kampung Kabupaten Fakfak, yang digelar selama 3 hari di salah satu hotel, oleh Pusat Konsultasi Pemerintahan Daerah atau PKPD, bersama Pemerintah Kampung se Kabupaten Fakfak.

“Saya mendapat penghargaan sebagai peserta terbaik, dengan menginap satu malam di hotel ini, dari semua peserta yang tampil kedepan untuk  mempresentasikan hasil aplikasi sistim informasi RAB desain pembangunan kampung,” terang Samsudin kepada infofakfak.com, Rabu, 18 Novemver 2020 siang tadi. “Sistem informasi ini akan kami anggarkan pada 2021 mendatang,” tambahnya.

Muhammad Jafar Syukur, Menejer Operasional PKPD Wilayah Papua dan Papua Barat, menjelaskan bahwa, tujuan kegiatan ini adalah,  menjadikan para kepala kampung, untuk menjadi perencana mandiri, sehingga mengurangi ketergantungan bekerjasama dengan pihak ketiga, terutama dalam hal perencanaan pembangunan kampung.

Menurutnya, dengan memanfaatkan sistem informasi ini, akan meminimalisir faktor loss atau kerugian pada saat pelaksanaan pekerjaan dan juga sebagai fungsi secara tidak langsung, menghindarkan dari jeratan hukum akibat salah hitung.

“Yang terpenting dari tujuan kegiatan ini adalah, sebagai bentuk implementasi dan terobosan pemerintah kampung, sebagai otonom UU Desa nomor 6 tahun 2014 untuk kemajuan kampung,” jelas Muhammad Jafar Syukur.

Sementara itu, pendamping Distrik Mbahamdandara, Gaus Day menyampaikan bahwa, sistem ini merupakan hal baru di Kabupaten Fakfak.

Gaus Day berharap, materi pelatihan yang diberikan, dapat segera diterapkan. ***

 

About Admin

Santun Mencerdaskan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *