Home / Headline / Penetapan DPT Tertunda, Karena Menunggu Pleno 2 PPD

Penetapan DPT Tertunda, Karena Menunggu Pleno 2 PPD

KPU Kabupaten Fakfak menggelar pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada 2020 (Foto IF)

Reporter : Wahyu Hidayat
INFOFAKFAK.COM, PARIWARI_ KPU Kabupaten Fakfak, Papua Barat, pada Rabu (14/10/2020) malam, akhirnya harus menskors Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Fakfak tahun 2020, lantaran adanya rekomendasi Bawaslu Kabupaten Fakfak, yang meminta 2 PPD untuk menggelar pleno lebih dahulu.

Ketua KPU Kabupaten Fakfak, Dihuru Dekri Radjaoa, S.IP. menjelaskan bahwa, penetapan DPT seharusnya sudah bisa diselesaikan hari ini.

“Bawaslu Kabupaten Fakfak mengeluarkan rekomendasi untuk Distrik Fakfak Timur dan Distrik Fakfak Timur Tengah, untuk menggelar pleno di tingkat PPS dan PPD di kedua distrik disebut. Dan untuk melaksanakan rekomendasi tersebut, KPU Kabupaten Fakfak sudah meminta PPS dan PPD di kedua distrik tersebut untuk melaksanakan pleno. Sehingga, penetapan DPT, kemungkinan baru bisa dilaksanakan kan besok (hari ini, red),” jelas Dekri.

Dijelaskan Dekri, belum belum selesainya pleno di Distrik Fakfak Timur dan Distrik Fakfak Timur Tengah, karena adanya salah komunikasi atau miskomunikasi antara PPD dengan Panwaslu di kedua distrik tersebut.

Meski terjadi penundaan penetapan DPT, Dekri optimis jadwal penetapan DPT akan selesai pada waktunya.

“Kita masih memiliki waktu hingga 16 Oktober mendatang,” pungkas Dekri.

Beberapa pihak menyayangkan adanya penundaan DPT ini. Menurut mereka, persoalan yang terjadi di tingkat PPD atau distrik, seharusnya sudah bisa diselesaikan di tingkat tersebut. Sehingga, jadwal rekapitulasi dan penetapan DPT di tingkat KPU, bisa berjalan tanpa hambatan.

Penyerahan keputusan KPU Kabupaten Fakfak tentang penetapan lokasi pemasangan alat peraga kampanye. (Foto IF)

Sementara itu, di ruang media center KPU Kabupaten Fakfak, komisioner KPU, Yanuarius Kerry Meak, menyerahkan keputusan KPU Kabupaten Fakfak, tentang penetapan lokasi pemasangan alat peraga kampanye atau APK.

Kepada 2 LO masing-masing paslon, Kerry berpesan untuk mematuhi aturan.

Kerry mengatakan, “APK tidak boleh dipasang di tempat ibadah, tempat pendidikan, kantor pemerintahan, serta lokasi lain yang telah ditentukan. Selain itu, kepada para calon kami harapkan untuk menjaga kebersihan dan estetika ketika memasang APK”

Pemasangan alat peraga kampanye atau APK, bisa dilaksanakan sejak saat ini hingga sebelum memasuki masa tenang. ***

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Resmikan Sekretariat KIBAR, Untung Tamsil Kembali Tegaskan Bukan Boneka

Reporter : Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Calon Bupati dan Wakil Bupati Fakfak dari pasangan UTAYOH, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *