Home / Headline / Coklit Akan Mendata 57.036 Data Pemilih, Bertambah 5.253 Dari DPT Pilpres

Coklit Akan Mendata 57.036 Data Pemilih, Bertambah 5.253 Dari DPT Pilpres

Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kabupaten Fakfak, Abdon Retraubun, S.E.

Reporter : Wahyu Hidayat

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ 253 petugas pencocokan dan penelitian yang diistilahkan dengan PPDP atau Petugas Pemutakhiran Data Pemilih pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Fakfak, Papua Barat,  tahun 2020 ini, akan melakukan pencocokan dan penelitian atau coklit 57.036 data pemilih. Demikian disampaikan oleh Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kabupaten Fakfak, Abdon Retraubun, S.E.

“Bahan data pemilih yang akan dilakukan pencocokan dan penelitian oleh PPDP sebanyak 57.036 data pemilih. Data yang dicoklit nantinya akan menjadi DPT atau Daftar Pemilih Tetap, namun tentunya setelah melewati beberapa tahapan,” jelas Abdon saat ditemui di ruang kerjanya (13/7/2020).

Sebagai perbandingan, DPT pada pilpres 2019 lalu, untuk di Kabupaten Fakfak sebanyak 51.783 pemilih. Maka bila dibandingkan dengan jumlah data pemilih yang akan dicoklit sejumlah 57.036, terdapat penambahan sejumlah 5.253 data pemilih.

Terkait hal ini, Abdon menjelaskan bahwa, adanya penambahan jumlah data pemilih ini, bisa disebabkan oleh adanya pemilih pemula, adanya penduduk baru dan adanya data ganda.

“Untuk itulah diperlukan coklit, untuk memutakhirkan data pemilih terbaru,” ujar Abdon.

Plt. Sekretaris KPU Kabupaten Fakfak, Ocen Wairoy

Sementara itu, untuk melakukan coklit yang akan berlangsung sejak 15 Juli sampai 18 Agustus 2020 mendatang, pihak KPU Kabupaten Fakfak akan melengkapi 253 PPDP dengan APD atau Alat Pelindung Diri, guna pencegahan covid-19, yang berupa masker, faceshield, sabun, map plastik, hand sanitizer serta vitamin untuk daya tahan tubuh.

“APD serta vitamin segera dibagikan. Pemakaian APD bagi petugas coklit merupakan petunjuk KPU RI, sebagai upaya pencegahan covid-19. Jangan sampai petugas atau masyarakat terpapar covid-19 dalam proses coklit tersebut,” ujar Ocen Wairoy, Plt. Sekretaris KPU Kabupaten Fakfak, pada Rabu, 15 Juli 2020.

Ocen juga menjelaskan bahwa, seluruh PPDP yang telah selesai mengikuti bimtek, juga wajib mengikuti rapid test.

“Alhamdulillah, seluruh PPDP yakni 253 orang tersebut, non reaktif,” ujar Ocen.

Guna mendukung suksesnya coklit yang akan dilakukan PPDP, maka kepada warga Fakfak diminta menyiapkan KTP elektronik. Petugas coklit akan mendatangi calon pemilih ke setiap rumah hingga 13 Agustus 2020 mendatang. ***

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Silaturahim Dengan GPK, Wakil Ketua MRP PB Harapkan Kehidupan Yang Harmonis

Reporter : Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_  Wakil Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP) Papua Barat, Cyrillus ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *