Home / Headline / Sosialisasi Verifikasi Faktual, KPU Menyilakan Bapaslon Awasi Pilkada

Sosialisasi Verifikasi Faktual, KPU Menyilakan Bapaslon Awasi Pilkada

Sosialisasi Verifikasi Faktual Bakal Pasangan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Fakfak tahun 2020 (Foto dok. IF)

Reporter : Wahyu Hidayat

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Ketua KPU Kabupaten Fakfak, Dihuru Dekri Radjaloa, S.I.P., menyilakan bakal pasangan calon atau bapaslon jalur independen, untuk mengawasi proses semua tahapan Pilkada, khususnya verifikasi faktual, yang akan dilangsungkan sejak 24 Juni 2020 hingga 14 hari lamanya.

Penegasan ini disampaikan Dekri pada Sosialisasi Verifikasi Faktual Bakal Pasangan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Fakfak tahun 2020 pada Rabu, 17 Juni 2020 yang dilangsungkan di Kantor KPU Kabupaten Fakfak, Papua Barat, di komplek Air Merah, Wagom, Fakfak.

“Sesuai PKPU Nomor 5 tahun 2020, pelaksana tahapan verifikasi faktual adalah tanggal 24 Juni 2020 hingga 14 hari kedepan. Maka sebelum tanggal 24 Juni, diadakan sosialisasi kepada seluruh bakal pasangan calon, terkait tata cara pelaksanaan verifikasi faktual. Hal ini untuk menyamakan persepsi di lapangan, agar tidak terjadi perselisihan pemahaman,” jelas Dekri. “Dan terkait hasil pertemuan 4 bapaslon yang akan mengawal Pilkada agar menjadi Pilkada yang jujur dan adil, keputusan itu malah lebih bagus. Selama ini, KPUtelah  melakukan tahapan secara transparan. Dan pengawasan terhadap jalannya Pilkada 2020 dilakukan oleh banyak pihak. Jadi silakan saja,” lanjutnya.

4 bakal calon bupati hadir dalam kegiatan sosialisasi verifikasi faktual (Foto dok. IF)

Dalam sosialisasi ini, dari 4 bapaslon dihadiri oleh calon bupati dan tim sukses yang menjadi penghubung di KPU. Pasangan DOAMU, dihadiri oleh Donatus Nimbitkendik. Pasangan CEPAT, dihadiri oleh Cyrillus Adopak. Pasangan RAJA, dihadiri oleh Abdul Rahim Fatamasya. Dan pasangan UTAYOH, dihadiri Untung Tamsil.

Sebelumnya, 4 kandidat dari jalur independen menggelar pertemuan pada Senin, 15 Juni 2020, yang menghasilkan kesepakatan untuk mengawal jalannya Pilkada agar menjadi Pilkada yang jujur dan adil, untuk menghasilkan pemimpin yang berkualitas serta menghindari konflik.

Pada kesempatan tersebut, KPU Kabupaten Fakfak juga menyerahkan hasil verifikasi administrasi kepada para bacabup serta kepada Bawaslu Kabupaten Fakfak. ***

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Penetapan DPT Tertunda, Karena Menunggu Pleno 2 PPD

Reporter : Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM, PARIWARI_ KPU Kabupaten Fakfak, Papua Barat, pada Rabu (14/10/2020) malam, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *