Home / Headline / Danlantamal XIV Tinjau Lokasi Rencana Lanal Di Pasir Putih

Danlantamal XIV Tinjau Lokasi Rencana Lanal Di Pasir Putih

Kedatangan Danlantamal XIV, Brigjen TNI (Mar) Suaf Yanu H disambut Bupati Fakfak, Dr. Mohammad Uswanas di Pelabuhan Fakfak, Papua Barat (Foto dok. IF)

Reporter : Ayu, Wahyu                  | Editor : Wahyu Hidayat

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Disambut dengan tari tumor, tarian penyambut kedatangan tamu, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XIV, Brigjen TNI (Mar) Suaf Yanu H berserta rombongan yang menumpang KRI Layaran 854 dari Kaimana, pada 21 Juni 2020, tiba di Pelabuhan Fakfak, Papua Barat.

Kedatangan jenderal bintang satu kelahiran Solo tersebut, disambut Bupati Fakfak, Dr. Mohammad Uswanas, M.Si., Komandan Kodim 1803/Fakfak, Letkol Inf. Yatiman, A.Md., Kapolres Fakfak, AKBP. Ongky Isgunawan, S.I.K., Kajari Fakfak, Firdaus, S.H. dan Komandan Pos TNI AL Fakfak, Lettu M Hotib.

Setelah istirahat sejenak, rombongan menuju Gedung Wintder Tuare yang berada di komplek rumah dinas Bupati Fakfak, untuk melangsungkan pertemuan dengan jajaran Pemda Fakfak dan tokoh masyarakat Fakfak.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Fakfak, Dr. Mohammad Uswanas, M.Si. berharap, agar rencana pembentukan Lanal atau Pangkalan TNI AL di Kabupaten Fakfak dapat segera terealisasi.

“Saya berharap, usai kunjungan Jenderal hari ini, rencana pembentukan Lanal di Kabupaten Fakfak segera dilakukan,” harap Mohammad Uswanas.

Menjawab harapkan tersebut, Brigjen TNI (Mar) Suaf Yanu H mengatakan, “Keputusannya sudah ada, namun akan disesuaikan dengan kemampuan TNI Angkatan Laut. Mungkin akan diisi personelnya dulu, seperti di TNI AD, ada pembentukan Koramil-koramil dulu,”

Usai melangsungkan pertemuan dengan tokoh masyarakat, Brigjen TNI (Mar) Suaf Yanu H beserta rombongan, meninjau lokasi yang ditawarkan oleh pemerintah daerah untuk dibangun Lanal Fakfak. Lokasi ini berada di belakang atau di atas pemancar RRI di Kampung  Pasir Putih, Distrik Fakfak Tengah.

Dalam perjalanan selama lebih kurang 30 menit dari Kota Fakfak, kendaraan rombongan nampak berguncang-guncang, melewati jalanan yang sudah cukup lama rindu sentuhan pembangunan itu.

Danlantamal belum langsung menyatakan persetujuanya atas lokasi yang cukup jauh dari Kota Fakfak tersebut, namun Danlantamal menyampaikan bahwa, masih akan membahas lebih lanjut.

Usai meninjau lokasi, Brigjen TNI (Mar) Suaf Yanu H beserta rombongan menuju Markas Pos TNI AL di Komplek Pameran di Wagom.

Danlantamal XIV, Brigjen TNI (Mar) Suaf Yanu H, berfoto bersama calon siswa Bintara TNI AL di Markas Pos TNI AL di Fakfak (Foto dok. IF)

Kedatangan Brigjen TNI (Mar) Suaf Yanu H  beserta rombongan, disambut 43 calon siswa Bintara TNI AL yang berjajar rapi.

Dihadapan para calon siswa Bintara TNI AL, Danlantamal menyampaikan pesannya, bahwa para siswa harus memiliki semangat tinggi. Danlantamal juga menceritakan bagaimana pengalaman dirinya yang awalnya ingin menjadi prajurit TNI AD, namun justru akhirnya berlabuh di TNI AL.

“Harus memiliki semangat pantang mundur. Tidak mudah menyerah. Jika kalian diterima, kalian akan mengawaki kapal-kapal TNI AL di Papua ini. Nantinya, TNI AL akan terus menambah jumlah kapalnya di Papua ini.” Ujar Brigjen TNI (Mar) Suaf Yanu H, memberikan motivasi kepada calon siswa Bintara TNI AL asal Fakfak tersebut.

Danlantamal juga bersafari silaturohim ke Makodim Fakfak dan Mapolres Fakfak, sebelumnya akhirnya, Minggu malam bertolak kembali ke Mako Lantamal XIV  di Jl. Buabara No. 01, Kota Sorong, Papua Barat. ***

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

5 Orang Positif Corona, Besok 50 Orang Akan Pulang Dengan KMP Kalabia

  Reporter : Ayu, Wahyu                  | Editor : Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Perkembangan terbaru kasus ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *