Home / Headline / Dibagi 4 Gelombang, Bimtek Prioritaskan Verfak Dan Pemutakhiran Data Pemilih

Dibagi 4 Gelombang, Bimtek Prioritaskan Verfak Dan Pemutakhiran Data Pemilih

Ketua KPU Kabupaten Fakfak, Dihuru Dekry Radjaloa
Ketua KPU Kabupaten Fakfak, Dihuru Dekry Radjaloa (foto dok. IF)

Reporter: Wahyu Hidayat

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ KPUKabupaten Fakfak, Sabtu (21/3) pagi, melaksanakan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji Anggota Panitia Pemungutan Suara ( PPS ) Untuk Kelurahan dan Kampung se- Kabupaten Fakfak. Acara dilangsungkan di Kantor KPU Kabupaten Fakfak ini, dipimpin oleh Ketua KPU Kabupaten Fakfak, Dihuru Dekry Radjaloa.

Tidak seperti pelantikan biasanya yang dihadiri oleh seluruh personel yang dilantik, pelantikan dan pengambilan sumpah janji kali ini dilansanakan dalam 4 gelombang, dan hari ini hanya dihadiri oleh pewakilan dari 5 distrik, yakni Distrik Tomage, Bomberay, Baham Ndandara, Fakfak Timur dan Karas. Sedangkangelombang berikutnya, akan dilangsungkan pada Senin hingga Rabu minggu depan.

Dalam sambutannya, Dekry mengajak anggota PPS untuk menjaga kesehatan, karena Indonesia sedang menghadapi bahaya penyebaran virus corona atau vicod-19.

“Hari ini, pelantikan dilaksanakan secara simbolis dengan tidak menghadirkan semua anggota PPS, karena memang instruksi KPU RI serta pertimbangan SatgasPencegahan Virus Corona Kabupatenh Fakfak, sehingga pelaksanaannya dilakukan secara simbolik, namun tetap sah karena sesuai keputusan KPU, ”jelas Dekry.

Dalam kegiatan ini, juga dilakukan pembacaan pakta integritas oleh salah seorang anggota PPS, Ifan Yulianto dari PPS Bumi Moro Indah, Distrik Bomberay. Usai ini, dilakukan penandatanganan pakta integritas oleh anggota PPS, disaksikan oleh komisioner KPU dan komisioner Bawaslu Kabupaten Fakfak.

Dalam kesempatan terpisah, Ketua KPU Kabupaten Fakfak, Dihuru Dekry Radjaloa menjelaskan bahwa, tahapan Pilkada tetap dilasanakan, namun mengurangi jumlah personel yang dilibatkan.

“Maka, pelantikan anggota PPS ini harus kami laksanakan secara bergelombang, dan dihadiri oleh perwakilannya saja,” ujar Dekry. “Demikian pula dengan pelaksanaan bimbingan teknik atau Bimtek yang dilaksanakan setelah pelantikan tersebut. Hanya diikuti oleh perwakilan kampung. 1 orang mewakili 1 kampung. Selanjutnya, anggota PPS yang telah mengikuti Bimtek, menyampaikan kepada anggota lainnya. Kami juga membekali dengan buku panduan atau buku saku, pendampingan oleh PPD dan membuka jalur komunikasi dua arah,” tambah Dekry.

Menurut Dekry, materi Bimtek kali ini diprioritaskan materi tentang verifikasi faktual dan pemutakhiran data pemilih. ***

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Samaun Dahlan Dukung Wacana “Lelang Jabatan” Ketua Takmir Masjid Agung Baitul Makmur

  Reporter : Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Ketua takmir Masjid Agung Baitul Makmur Fakfak, Papua ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *