Home / Headline / Gerakan Nusantara Bersatu di Ujung Fakfak Siaga I

Gerakan Nusantara Bersatu di Ujung Fakfak Siaga I

Suasana Nusantara Bersatu
Suasana Nusantara Bersatu

 

Fakfak_ Gerakan Nusantara Bersatu di Kabupaten Fakfak, Papua Barat, yang dilaksanakan pada Rabu (30/11) pagi, mendapat sambutan positif dari masyarakat. Kegiatan yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia ini, juga mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Fakfak, meski Bupati Fakfak, Drs. Mohammad Uswanas, M.Si. dan Wakil Bupati Fakfak, Ir. Abraham Sopaheluwakan, M.Si. berhalangan hadir.

Gerakan Nusantara Bersatu, diawali dengan kirab keliling Kota Fakfak, dan melibatkan seluruh elemen masyarakat. Peserta kirab yang terdiri atas perwakilan ormas, mahasiswa, paguyuban ojek, TNI, Polri dan Satpol PP ini, mengenakan ikat kepala merah putih, sebagai simbol semangat memperkuat NKRI. Diperkirakan, peserta Nusantara Bersatu ini lebih dari seribu orang.

Komandan Kodim 1706/Fakfak, Letkol Inf. Andi Gus Wulandri, SIP. mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, dalam kondisi negara saat ini, sudah saatnya merefresh semangat juang, guna memperkokoh kesatuan bangsa.

“Istilahnya, semangat kebangsaan ini perlu discharging. Maka tadi ada lagu-lagu perjuangan dan orasi dari tokoh masyarakat. Saya juga mengapreseasi dukungan pemerintah daerah, sehingga kegiatan ini bisa terlaksana,” ujar Dandim.

Usai kirab merah putih, kegiatan diisi dengan lagu-lagu perjuangan dan orasi dari tokoh masyarakat, serta doa lintas agama.

Fakfak Siaga I

Disinggung kondisi keamanan Fakfak menjelang 1 Desember dan Aksi Bela Islam III pada 2 Desember, Dandim asal Blitar, Jawa Timur ini menyatakan bahwa, Fakfak siaga I.

“Kami menetapkan Fakfak siaga I. Untuk itu, kami menghimbau agar masyarakat turut menjaga keamanan daerah,” kata Dandim.

Lebih lanjut Dandim mengatakan bahwa, pihak keamanan akan melakukan patroli bersama, guna mengantisipasi situasi yang tidak diinginkan. Patroli akan dimulai malam ini (30/11), terutama di daerah-daerah yang dipandang rawan ganggung kamtibmas. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Survei Tempatkan TNI Sebagai Institusi Paling Solid dan Terpercaya

Fakfak_ Di HUT TNI ke 72 tahun 2017 yang diperingati pada 5 Oktober kemarin, angka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *