Home / Headline / TMMD Ke 97 Kelar, Aset Ratusan Juta Diserahkan Kepada Pemda

TMMD Ke 97 Kelar, Aset Ratusan Juta Diserahkan Kepada Pemda

Penandatangan BAP serah terima hasil TMMD dari Dandim 1706/Fakfak kepada Bupati Fakfak
Penandatangan BAP serah terima hasil TMMD dari Dandim 1706/Fakfak kepada Bupati Fakfak

Fakfak_ TMMD atau TNI Manunggal Membangun Desa ke 97 Tahun 2016 di Kabupaten Fakfak, yang secara nasional merupakan TMMD terakhir di tahun 2016 ini, Rabu (19/20) pagi, secara resmi ditutup. Penutupan gelar TMMD ke 97, dilaksanakan dengan menggelar upacara penutupan, dengan inspektur upacara, Brigjen TNI Arif Susilo, Staf Khusus Kasad atau Kepala Staf TNI AD.

Selain dihadiri oleh Danrem 171/PVT, Brigjen TNI Purnawan Widi Andaru, upacara penutupan TMMD yang dihelat di lapangan workshop Kampung Wri Kapal, Distrik Fakfak ini, juga dihadiri oleh Bupati Fakfak, Drs. Mohammad Uswanas, M.Si., beserta jajaran SKPD, unsur Forkopimda lainnya, serta pimpinan lembaga lainnya.

Dalam sambutan yang dibacakan inspektur upacara, Kasad antara lain  menyampaikan, program TMMD yang dulunya bernama AMD atau ABRI Masuk Desa, telah berlangsung selama 35 tahun. Program TMMD masih sangat dibutuhkan, karena sebagian besar wilayah Indonesia masih berupa pedesaan.

Dilanjutkan, TMMD ke 97 Tahun 2016 ini, telah menyelesaikan 165 sasaran fisik yang sangat dibutuhkan masyarakat. Selain itu, sasaran non fisik juga untuk memperkuat dan memlihara jiwa nasionalisme masyarakat, dalam menangkal berbagai ancaman disintegrasi bangsa yang dilancarkan melalui proxy war, seperti maraknya peredaran narkoba, dimana Indonesia termasuk darurat narkoba, munculnya isu komunisme, dan sebagainya.

Usai upacara penutupan, Brigjen TNI Arif Susilo didampingi Danrem 171/PVT, Brigjen TNI Purnawan Widi Andaru, menyaksikan serah terima hasil TMMD ke 97, dari Dandim 1706/Fakfak, Letkol Inf. Andi Gus Wulandri, S.IP. kepada Bupati Fakfak, Drs. Mohammad Uswanas, M.Si.

Dandim menyerahkan hasil pembangunan fisik berupa 1 unit balai kampung, jalan cor sepanjang 300 meter dan rehab 1 unit bak air. Hasil TMMD ke 97 yang bernilai ratusan juta rupiah itu, diserahkan dan menjadi aset Pemerintah Daerah Fakfak

Disela-sela penandatanganan BAP serah terima hasil TMMD, Bupati menyampaikan kepada Brigjen TNI Arif Susilo, sebuah komitmen untuk selalu mendukung program TMMD berikutnya, sekaligus berencana untuk mensinergikan TMMD dengan pembangunan daerah, dalam program Gerbang Kaca atau Gerakan Membangun Kampung Bercahaya.

Selanjutnya, Bupati Fakfak meresmikan penggunaan Balai Kampung Wri Kapal, ditandai dengan pengguntingan pita pada pintu masuk balai kampung.

Rombongan juga melihat dari dekat pembangunan fisik lainnya, yang terpisah sejauh lebih kurang 300 meter dari balai kampung. Bahkan, Brigjen TNI Arif Susilo didampingi Danrem dan Dandim, menuruni jalan cor hingga di bawah lembah.

Staf Khusus Kasad tersebut memuji kinerja Dandim beserta jajarannya, dalam melaksanakan TMMD ini. Jenderal bintang satu tersebut berharap, hasil TMMD dapat dinikmati dan berguna bagi masyarakat. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Usai Tutup TMMD Ke 99, Danrem Tinjau Tanah Calon Makorem

Fakfak_ Brigjend TNI Ignatius Yogo Triyono, Komandan Korem 171/PVT, usai menutup pelaksanaan TMMD ke 99 ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *