Home / Headline / KAMMI Komisariat Fakfak Gelar Daurah Marhalah 1

KAMMI Komisariat Fakfak Gelar Daurah Marhalah 1

Peserta Daurah Marhalah 1
Peserta Daurah Marhalah 1

Sebagai organisasi kader (harokatul tajnid) dan organisasi pergerakan (harakatul amal), KAMMI menginginkan pendekatan sistematik dalam keseluruhan proses pengkaderannya. Semua bentuk aktivitas/kegiatan pengkaderan disusun dengan semangat integralistik untuk mengupayakan lahirnya kader kader berkualitas, yang mampu mewujudkan tujuan organisasi.

Oleh karena itu, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia Komisariat Fakfak  untuk kali kedua, mengadakan Daurah Marhalah 1.

Acara yang dikemas dengan tema “Membangun Mahasiswa Muslim Berjiwa Robbani Menuju Indonesia Emas 2045” berjalan lancar selama 2 hari di Kantor Balai Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Fakfak, pada tanggal 24 – 25 September 2016.

Daurah Marhalah 1 kali ini, diikuti oleh beberapa peserta dari beberapa kampus  di kota Fakfak yang meliputi, STAI Al-Mahdi Fakfak, STIE Ottow dan Geesler Fakfak dan Politeknik Negeri fakfak.

“Peserta belum memenuhi target, karena mahasiswa masih aktif kuliah di hari Sabtu dan ada beberapa kampus yang mengadakan kegiatan. Next DM InsyaAllah lebih banyak. Tetap semangat, jangan pesimis dengan jumlah kita yang sedikit. Karana setiap perjuangan itu dimulai dari sedikit orang. Jadi buat kalian adalah yang terpilih oleh Allah dari sekian banyak mahasiswa yang berdomisili di kota Fakfak untuk hadir pada kegiatan DM 1 ini,” ujar Ketua KAMMI Fakfak, Akhi Mohammad Nur Keliwida, S.T.

Acara DM 1 diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran yang dilantunkan oleh akh Komarudin, dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Panitia Daurah Marhalah 1, Akh Baim Rumalolas, sambutan Ketua KAMMI Fakfak, serta sambutan  DPD KNPI yang diwakili oleh Wakil Ketua DPD KNPI Kabupaten Fakfak bidang infrastruktur, transportasi dan perhubungan, sekaligus membuka dengan resmi kegiatan dimaksud. Lagu Kebangsaan Indonesia dan Mars KAMMI juga mengiringi pembukaan acara ini, membuat atmosfer kegiatan ini begitu hidup.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi,  Dimulai dari memahami makna Syahadatain, kemudian melangkah pada pengertian Syumuliyatul Islam, dilanjutkan Islam, Pemuda dan Perubahan Sosial serta Problematika Umat Kontemporer.

Para peserta terlihat begitu antusias mengikuti setiap materi yang dipaparkan. Pemaparan materi dilanjutkan dengan materi ke-KAMMI-an agar para peserta mampu mengenal KAMMI lebih dekat.

Acara ditutup dengan Pelantikan pengurus baru periode 2016 – 2017, oleh Ketua Umum KAMMI Daerah Papua Barat, Akh. Aris, kemudian dilanjutkan dengan pembagian hadiah dan sertifikat yang membuat suasana antara panitia dan peserta semakin akrab.

Menurut Muhammad Saleh Rumaday, salah seorang peserta Daurah Marhalah 1 ini, mengaku senang dan terharu mengikuti daurah/training  ini, yang sangat berbeda dengan training-training yang pernah ia ikuti di OKP/OKPI lainnya. Menurutnya, selain mendapatkan ilmu, sertifikat, doorpize dan  teman baru, yang spesial baginya, dia bisa melaksanakan sholat tahajud berjamaah dengan panitia dan teman-teman peserta lainnya sebanyak 6 rakaat ditambah dengan 3 rakaat sholat witir, belum lagi ditambah dengan tilawah Qur’an, hafalan Qur’an,  dan sholat wajib berjamaah yang tidak pernah putus.

“Selama dalam hidup saya,  belum pernah melaksanakan sholat tahajud sampai sebanyak itu. Sangat mengesankan,” kata Muhammad Saleh Rumaday. (***)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

POLINEF GANDENG PEMPROV PAPUA BARAT UNTUK LAKSANAKAN PROGRAM EKOSISTEM KEMITRAAN 2023

    Penulis : Aqilah Attamimi, S.ST., M.Sc. Anggota Tim Ekosistem Kemitraan Papua Barat INFOFAKFAK.COM_ ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *