Home / Headline / Di Tangan Kepala DPPKAD, Perintah Bupati Tak Lagi Sakti

Di Tangan Kepala DPPKAD, Perintah Bupati Tak Lagi Sakti

Ketua DMI Kabupaten Fakfak, Djamaluddin Leto, S.Ag. M.MPd
Ketua DMI Kabupaten Fakfak, Djamaluddin Leto, S.Ag. M.MPd

Fakfak_ Keinginan baik Bupati Fakfak (saat itu Drs. Muhammad Uswanas, M.Si., red), untuk membantu penyelenggaraan kegiatan keagamaan berupa pelatihan menejemen kemasjidan dan dakwah, yang dihelat Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Fakfak, belum diterjemahkan baik bawahannya, dalam hal ini Kepala DPPKAD, M Hendro.

Perintah Bupati agar kegiatan tersebut mendapat alokasi dana, ternyata diabaikan. Akibatnya, DMI Kabupaten Fakfak terpaksa menanggung hutang, untuk mensukseskan kegiatan yang mengundang Ustadz Dr. Ahzami Samiun Jazuli, MA. Itu.

Ketua DMI Kabupaten Fakfak, Djamaluddin Leto, S.Ag. M.MPd. hanya bisa pasrah atas peristiwa ini. Menurutnya, kejadian seperti ini seharusnya tidak perlu terjadi.

“Mau bagaimana lagi. Kami melaksanakan kegiatan tersebut dengan awal ikhlas. Ya, lebih baik ikhlas saja. Ini menjadi pelajaraan bagi kita semua, jangan menyandarkan harapan kepada manusia,” ujar Djamaluddin.

Ironisnya, pejabat DPPKAD belum paham posisi DMI sebagai organisasi berstruktur nasional. Dikiranya, DMI berada dibawah naungan PHBI (Panitia Hari Besar Islam) yang level kabupaten. Padahal, Ketua Umum Pusat DMI adalah Wakil Presiden RI, H. Jusuf Kalla.

Tak jauh berbeda dengan DMI, peristiwa mirip juga dialami oleh PHBK (Panitia Hari Besar Kristen) Kabupaten Fakfak.

Ketua PHBK Kabupaten Fakfak, Marcel Rahamitu membenarkan bahwa peristiwa yang dialami oleh DMI juga dialaminya.

“Setelah kami desak, baru anggaran itu muncul. Dalam peristiwa ini, Bupati saja marah, apalagi kami. Kami melaksanakan kegiatan keagamaan, bukan kegiatan bisnis. Kegiatan PHBK sepanjang tahun, bukan hanya memperingati natal saja,” ujar Marcel geram.

Semoga kejadian serupa tidak terulang kembali. Pasalnya, jika kebijakan pimpinan, dalam hal ini seorang bupati ternyata tidak diterjemahkan dengan baik sesuai perintah, maka akan muncul citra negatif terhadap bupati. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Mobil Akustik Masjid, Mendata Sound System Dan Status Masjid

Fakfak_ Salah satu dari 10 program unggulan DMI atau Dewan Masjid Indonesia, adalah pemeliharaan akustik ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *