Home / Headline / Pangdam Meminta Waspadai Proxi War

Pangdam Meminta Waspadai Proxi War

Pangdam XVII Cendrawasih, Mayjen TNI Fransen G Siahaan
Pangdam XVII Cendrawasih, Mayjen TNI Fransen G Siahaan

Fakfak_ Dalam acara tatap muka antara Pangdam XVII Cendrawasih, Mayjen Fransen G Siahaan dengan Bupati Fakfak beserta jajarannya, Muspida, veteran, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan tokoh perempuan di salah satu hotel di Fakfak, Pangdam menekankan bahwa masalah ideologi dan politik, khususnya di Papua, bukan hal utama untuk dimasalahkan.

 

Menurut Jenderal bintang dua ini, ideologi dan politik memang penting, namun bukan hal yang mendasar. Pangdam mengaku lebih senang dengan pendekatan damai kepada seluruh kelompok masyarakat di Papua, untuk menyelesaikan persoalan yang ada.

 

Menyinggung masalah menurunnya semangat nasionalisme anak bangsa yang dirasakan saat ini, Pangdam menyatakan bahwa gejala tersebut merupakan hal yang tidak terjadi begitu saja, namun telah didesain begitu rupa oleh negara yang tidak menginginkan Bangsa Indonesia, menjadi bangsa yang besar.

 

“Kita harus mewaspadai apa yang dinamakan proxi war. Peredaran narkoba, seks bebas, penyebaran HIV/Aids, perkelahian atau tawuran antar pelajar hingga mahasiswa, semuanya disimpulkan merupakan by design. Sesuatu yang telah direncanakan,” jelas Pangdam.

 

Menurut Pangdam, salah satu hasil akhir dari proxy war adalah hilangnya generasi penerus bangsa. Minimal, terbentuk generasi muda yang apatis, dan bersikap acuh terhadap bangsanya sendiri. Jiwa idealisme dan nasionalisme sebagai anak bangsa menjadi luntur.

 

Proxy war bisa diasumsikan sebagai upaya penghancuran suatu negara, tidak dengan jalan perang secara langsung. Namun, jalan yang dipakai adalah langkah sistematis yang dijalankan berkesinambungan, hingga hampir tanpa terasa, bahwa negara sasaran sedang digiring menuju jurang kehancuran. Proxy war bisa juga dengan jalan menjadikan pemimpin yang bisa dijadikan boneka oleh bangsa lain.

 

Pangdam berpesan, semangat nasionalisme dipupuk kembali sejak dini, dimulai dari diri sendiri dan sekolah-sekolah. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Survei Tempatkan TNI Sebagai Institusi Paling Solid dan Terpercaya

Fakfak_ Di HUT TNI ke 72 tahun 2017 yang diperingati pada 5 Oktober kemarin, angka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *