Home / Headline / PKK Fakfak dan Yayasan Tifa Mandiri Sosialisasi HIV-AIDS, 33 Orang Jalani Pemeriksaan Sukarela

PKK Fakfak dan Yayasan Tifa Mandiri Sosialisasi HIV-AIDS, 33 Orang Jalani Pemeriksaan Sukarela

TP PKK Kabupaten Fakfak serta Yayasan Tifa Mandiri menyelenggarakan sosialisasi dan pemeriksaan HIV AIDS di Winder Tuare Fakfak. (Foto if)

 

Reporter : Wahyu Hidayat
INFOFAKFAK.COM_ Tim Penggerak PKK Kabupaten Fakfak, Papua Barat, bekerjasama dengan Yayasan Tifa Mandiri atau Yatima, Senin, 30 Oktober 2023, menyelenggarakan sosialisasi HIV AIDS yang dilaksanakan di gedung Wintder Tuare, komplek rumah negara atau rumah dinas Bupati Fakfak.

Kegiatan bertema Cegah dan Kendalikan HIV AIDS Untuk Fakfak Yang Lebih Sehat  Fakfak Tersenyum ini, dihadiri lebih kurang 80 tamu undangan yang berasal dari pengurus PKK tingkat distrik se-kabupaten Fakfak.

Dalam kesempatan terpisah, Ketua TP PKK Kabupaten Fakfak Siti Fatimah Bauw Tamsil mengatakan, “Kegiatan sosialisasi HIV AIDS ini merupakan salah satu kepedulian PKK Kabupaten Fakfak, untuk mewujudkan Fakfak yang lebih sehat, yakni dengan turut serta mencegah dan mengendalikan HIV AIDS, mengingat angka penderita HIV AIDS di Fakfak menempati peringkat ketiga di Provinsi Papua Barat. Dengan sosialisasi ini diharapkan, ibu-ibu sebagai garda terdepan rumah tangga, mampu mengayomi keluarganya,”

dr. Amirah, Sp.OG, M.Ked.Klin. pemateri tunggal dalam kegiatan ini, mengingatkan pentingnya kepedulian kaum ibu dalam membina serta mengawasi kesehatan keluarga, terutama yang terkait dengan HIV AIDS.

“Pengetahuan tentang HIV AIDS sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan bagi keluarga. Jangan sampai menyesal karena ketiadaan pengetahuan tentang HIV AIDS ini,” ujar Amirah.

Dalam kesempatan ini Amirah berkali-kali menekankan pentingnya pemeriksaan atau tes HIV bagi masyarakat, agar HIV AIDS dapat terdeteksi lebih dini, sehingga lebih mudah menanganinya.

Usai sosialisasi, kegiatan ini dilanjutkan dengan pemeriksaan HIV secara sukarela yang diikuti oleh 33 orang yang terdiri dari 9 orang pria dan 24 orang wanita.

Selain diikuti oleh pengurus PKK mulai tingkat distrik hingga tingkat kabupaten, pemeriksaan HIV secara sukarela ini juga diikuti oleh staf rumah dinas Bupati Fakfak.

Yayasan Tifa Mandiri atau Yatima merupakan salah satu lembaga non profit yang berkecimpung dalam dunia HIV AIDS, utamanya di Provinsi Papua Barat.

Sejak Februari hingga Oktober 2023 ini, Yatima telah melakukan beberapa kali sosialisasi dan memfasilitasi pemeriksaan HIV AIDS sebanyak 558 orang. ***

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Harry L Marani Kunjungi Fakfak, Serap Aspirasi Dan Pantau Pelaksanaan Pemilu 2024

  Reporter: Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM_ Harry L Marani, anggota Majelis Rakyat Papua Barat atau MRPB ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *