Home / Info Kampung / Bupati Fakfak Pimpin Apel Hari Santri nasional

Bupati Fakfak Pimpin Apel Hari Santri nasional

Bupati Fakfak Untung Tamsil memimpin apel memperingati Hari Santri Nasional. (Foto ach)

Reporter : Achmad Zauhari T
INFOFAKFAK.COM_ Bupati Fakfak, Untung Tamsil, S.Sos, M.Si., memimpin Apel Hari Santri Nasional tahun 2023, di Taman Satu Tungku Tiga Batu, pada Sabtu,  21 Oktober 2023 pagi.

Apel Hari Santri Nasional ini diselenggarakan oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Fakfak.

Dalam arahannya, Bupati menyampaikan bahwa, Presiden melalui Keputusan Presiden Nomor 22 tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai hari Santi.

“Penetapan 22 Oktober merujuk pada tercetusnya resolusi jihad yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan indonesia,” katanya.

Lebih lanjut Bupati membeberkan, resolusi jihad kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 November 1945 yang diperingati sebagai hari Pahlawan.

“Sejak ditetapkan pada tahun 2015, kita pada setiap tahunnya selalu rutin menyelenggarakan peringatan Hari Santri dengan tema yang berbeda. Sedangkan untuk tahun 2023 ini, peringatan hari santri mengangkat tema Jihad Santri Jayakan Negeri,” ujar Bupati.

Menurut Bupati, jihad dalam Islam bukanlah sebatas pertempuran fisik, melainkan perjuangan secara keseluruhan yang mencakup perjuangan untuk menguatkan iman, memperdalam ilmu dan memperbaiki diri.

“Santri harus menjadi contoh yang baik dalam masyarakat, menjunjung tinggi nilai-nilwi kebaikan, toleransi, dan persaudaraan. Kita juga harus mengingat betapa besar peran santri dalam sejarah perjuangan bangsa ini,” pesannya.

Kemudian, Bupati Untung Tamsil mengatakan, peringatan hari santri ini menjadi milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan.

Diakhir arahannya, Bupati Untung Tamsil pun mendoakan para pahlawan terutama dikalangan ulama, kiai, santri yang telah syahid dan berkontribusi demi kemaslahatan bangsa dan negara.

Turut hadir dalam Apel tersebut, Dandim 1803/Fakfak Letkol Inf Tri Handoko Wicaksono, Kapolres Fakfak AKBP Hendriyana, Tokoh Agama, Ulama, Ormas Islam dan tamu undangan lainnya. ***

</span;></span;></span;></span;></span;></span;></span;></span;></span;></span;></span;></span;></span;>

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Abdolla Baraweri Serap Aspirasi Dan Ajak Masyarakat Distrik Kramomongga Sukseskan Pemilu

Pewarta: Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM_ Abdolla Baraweri, anggota Majelis Rakyat Papua Barat atau MRPB kelompok kerja ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *