Home / Fakfak News / Kesehatan / Rekonsiliasi Pasca Selingkuh Bergantung Pada beberapa Faktor, Ini Penjelasan Psikolog.

Rekonsiliasi Pasca Selingkuh Bergantung Pada beberapa Faktor, Ini Penjelasan Psikolog.

Ilustrasi perselingkuhan

 

Reporter : Jojie Muskita Matitaputty

INFOFAKFAK.COM_ Kondisi perselingkuhan yang berlangsung lebih intens dan dalam durasi yang lama, tanpa diketahui pasangan, akan menimbulkan luka emosional yang besar, ungkap Adriana Amalia M.Psi., Psikolog. CEO Asa Berdaya, saat dihubungi media ini. Jumat 10 Maret 2023, di Jakarta.

Amel mengatakan, rekonsiliasi hubungan pasca perselingkuhan bergantung pada beberapa faktor, misalnya pada tipe perselingkuhan, ada pasangan yang dapat memaafkan perselingkuhan emosi dibandingkan perselingkuhan kontak fisik. Batas toleransi ini bergantung pada masing-masing pasangan

Faktor – faktor lain seperti kedewasaan menyelesaikan masalah, hubungan relasi pasangan, kesiapan dan kematangan sikap, serta yang tak kalah penting yaitu dampak dari perselingkuhan itu.

“Jika dampak perselingkuhan besar, akan cenderung sulit melakukan rekonsiliasi,” ujar Amel.

Lebih jauh Amel menjelaskan, bagaimana psikologi melihat fenomena perselingkuhan dan apa yang memotivasi seseorang untuk berselingkuh.

“Dalam psikologi, yang dimaksud dengan perselingkuhan adalah perilaku yang kesepakatan dalam hubungan, tindakan tidak setia kepada pasangan. Ini biasanya berarti terlibat dalam hubungan seksual atau romantis dengan orang lain dan melanggar komitmen atau janji bersama,”

“Dalam jurnal yang dikemukakan oleh Selterman, D., Garcia, J. R., dan Tsapelas, I pada tahun 2020, bahwa orang termotivasi melakukan perselingkuhan dikarenakan rasa marah, rasa rendah diri, kurangnya rasa cinta, rendahnya komitmen, keinginan mencari variasi, dorongan seksual dan situasi yang berpotensi untuk melakukan perselingkuhan,” jelas Amel.

Diakhir wawancara, Amel menyampaikan pesan bahwa, setiap perselingkuhan memiliki dampak psikologis bagi pasangan atau anggota keluarga lainya.

Perselingkuhan menimbulkan dampak psikologis dan luka dalam relasi, baik bagi seseorang yang berselingkuh, mereka yang mengalami perselingkuhan, dan anak-anak dari orang tua yang berselingkuh,” tutup Amel.***

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Pihir Kassor, Raih Ahli Madya Akupunktur Poltekes Surakarta

  Reporter: Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM_ Pihir Kassor, yang selama ini dikenal sebagai aktivis sosial dan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *