Home / Headline / Presiden Jokowi : Sapinya Gemuk. Saat Vidcon Bersama PMI Dan Pemda Fakfak

Presiden Jokowi : Sapinya Gemuk. Saat Vidcon Bersama PMI Dan Pemda Fakfak

Awi saat mempresentasikan bengkel sapi kepada Presiden Jokowi dalam video conference kemarin (Foto ist/jojie)

Reporter : Jojie M M

INFOFAKFAK.COM_ “Sapinya gemuk, kelihatannya,” tutur Presiden Jokowi saat Abdul Wahab Iha, Koordinator Papua Muda Inspiratif menjelaskan pemanfaatan bengkel sapi di lahan seluas 10 hektar, Selasa, 21 Maret 2023, pukul 08:00 pagi kemarin, di Distrik Bomberay  Kabupaten Fakfak, Papua Barat.

Dimulai dengan sapaan hangat dan memperkenalkan dirinya kepada Presiden Jokowi, Abdul atau yang biasa dipanggil Awi, menjelaskan maksud dan tujuan pembuatan bengkel sapi.

Pembuatan bengkel sapi merupakan inisiasi dalam memanfaatkan lahan untuk peternakan sapi yang selama ini dikelola secara tradisional oleh masyarakat.

“Selama ini sapi-sapi yang diternak oleh masyarakat, dibiarkan liar, dan menjadi hama bagi tanaman. Terkadang juga, sapi-sapi yang dibiarkan liar oleh masyarakat menganggu arus lalu lintas,” ujar Awi.

Awi kembali menjelaskan Kepada Presiden Jokowi, dalam pengelolaan bengkel sapi yang bisa menampung 1000 ekor sapi ini,  menerapkan sistem pengemukan sapi dan perawatan sapi.

“Selain pengemukan sapi, bengkel sapi ini juga menerapkan sistem perawatan bagi sapi. Jika ada sapi yang sakit, maka akan dirawat hingga sehat. Saat ini sapi berjumlah 200 ekor,” jelasnya.

Presiden Jokowi dalam interaksinya melalui _video confrence_ , sempat menanyakan ketersediaan pakan ternak dan rencana penjualan daging sapi, kepada Awi.

“Bagaimana dengan ketersediaan pakan ternak?,” tanya Presiden

Jawab Awi, “Untuk Pakan ternak kami dapatkan dari tanaman jagung serta rumput gajah,”

Lanjutnya, “Dan untuk penjualan, akan dijual ke Sorong, Bintuni dan Fakfak. Persediaan kebutuhan daging sapi di tiga wilayah tersebut masih kurang ditengah permintaan yang tinggi,” tambahnya.

Diakhir _video confrence_ , Awi mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi, Pemerintah pusat, dan dukungan BIN serta Pemerintah daerah yang telah membantu dalam pembuatan bengkel sapi dan pertanian jagung. Tak lupa, Awi juga mengatakan bahwa masyarakat Kabupaten Fakfak menantikan kedatangan Presiden Jokowi.

“Kami juga berharap, dalam waktu yang tidak lama, Bapak bisa datang mengunjungi kami,” tandasnya yang disertai tepuk tangan dari tamu undangan dan masyarakat yang hadir.***

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Resmi Jadi Pasangan Samaun Dahlan, Donatus Nimbitkendik: Roh Politik Saya Bangkit

  Reporter: Amrin Landupa, Sri Mariati INFOFAKFAK.COM_  Bertempat di kediaman Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *