Home / Headline / Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Fakfak Akan Sensus Masjid

Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Fakfak Akan Sensus Masjid

Masjid Agung Baitul Makmur di Kabupaten Fakfak, Papua Barat. (Foto IF)

Reporter : Wahyu Hidayat
INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Dewan Masjid Indonesia atau DMI Kabupaten Fakfak, akan melakukan sensus atau pendataan profil masjid-masjid di seluruh Kabupaten Fakfak. Demikian disampaikan Wakil Ketua 1 PD DMI Kabupaten Fakfak, Abas Bahamba kepada media ini, Kamis, 26 Agustus 2021.

“Seluruh masjid di Kabupaten Fakfak akan dilakukan pendataan oleh tim yang sudah kami bentuk. Insyaallah pendataannya kami mulai minggu ini hingga beberapa minggu ke depan hingga tuntas,” jelas Abas Bahamba. “Untuk itu kami mohon bantuan seluruh pengurus masjid, untuk membantu pendataan ini, sehingga kita memiliki database kemasjidan yang lengkap dan akurat,” lanjutnya.

Lebih lanjut Abas Bahamba menjelaskan bahwa, proses pendataan atau sensus masjid akan dimulai pada Sabtu dan Minggu depan, dengan menyasar masjid-masjid yang berada di wilayah Distrik Fakfak, Pariwari, Fakfak Barat, Wartutin, Fakfak Tengah dan Fakfak Timur Tengah.

“Mudah-mudahan tidak ada ada kendala yang berarti, sehingga pendataan tersebut dapat diselesaikan dengan baik,” ujar Abas Bahamba.

Setelah melakukan pendataan di masjid-masjid pada wilayah distrik yang telah disebut,  berikutnya akan dilakukan pendataan masjid di distrik yang lain, setelah dilakukan evaluasi atas pendataan yang sudah dilakukan.

Adapun data-data yang akan diambil diantaranya adalah, status tanah masjid, luas masjid daya tampung masjid, kepengurusan dan fasilitas masjid.

“Termasuk mendata akustik atau sound system masjid. Sebab ini merupakan program Ketua Umum PP DMI, H. Jusuf Kalla, dimana Kabupaten Fakfak, merupakan salah satu kabupaten yang mendapatkan support mobil pemeliharaan akustik dari PP DMI,” pungkas Abas Bahamba.

Nantinya, hasil sensus atau pendataan masjid ini, bisa diakses di website DMI Kabupaten Fakfak yang akan disiapkan dan juga dibukukan, sebagai database kemasjidan di Kabupaten Fakfak. ***

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Turun ke Level 2, Kesadaran Masyarakat Sedikit Kendur

            Reporter : Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Kesadaran masyarakat Kabupaten ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *