Home / Headline / Yuk, Ikut Pelatihan Di BLK Fakfak, Dapat Ilmu Dapat Uang Transport

Yuk, Ikut Pelatihan Di BLK Fakfak, Dapat Ilmu Dapat Uang Transport

Suasana pembukaan pelatihan tahap I di BLK Fakfak, Papua Barat. (dok. IF)
Suasana pembukaan pelatihan tahap I di BLK Fakfak, Papua Barat. (dok. IF)

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ 160 orang mengikuti pelatihan berbagai keahlian di Balai Latihan Kerja  atau BLK Fakfak, Papua Barat. Mereka terbagi dalam 10 kelas pelatihan keterampilan, yang akan menimba ilmu hingga 45 hari kedepan.

Selain mendapatkan ilmu, peserta juga mendapat uang pengganti transport 35 ribu perhari, seragam dan tentu saja makan siang. Demikian disampaikan Muhammad Awaludin, Kepala BLK Fakfak, usai pembukaan pelatihan tahap I, Selasa (18/2) pagi kemarin.

“Ada 10 paket pelatihan berbasis kompetensi dalam pelatihan tahap pertama ini. Ada kelas komputer, kelas otomotif, kelas listrik, kelas jahit, kelas pembuatan kue dan roti serta kelas tata rias kecantikan,” jelas Awaludin.

Lebih lanjut dijelaskan, masing-masing kelas berbeda lama waktu pelatihannya. Dan yang paling lama adalah pelatihan otomotif, yang mencapai 45 hari.

“Selain mendapat fasilitas pelatihan, seragam dan makan siang, juga mendapat uang pengganti transport. Namun besarannya berbeda dari tahun lalu. Berdasar POK atau Petunjuk Operasional Kegiatan, tahun ini setiap peserta mendapat 35.000/hari,” ujar Awaludin.

 

Peserta pelatihan tahap I
Peserta pelatihan tahap I

Awaludin berharap, masyarakat yang belum5 sempat mendaftar pada pelatihan tahap pertama ini, dapat memanfaatkan kesempatan pada pelatihan tahap berikutnya.

“Ada beberapa keahlian yang sebenarnya dibutuhkan oleh masyarakat dan bisa diterapkan langsung, seperti keterampilan service motor tempel, dico mobil dan meubel. Sayang belum ada yang mendaftar,” ujar Awaludin.

Usai pembukaan pelatihan tahap pertama ini, kepada peserta pelatihan diberikan sosialisasi dari BPJS Ketenagakerjaan. Sosialisasi ini diberikan, agar nantinya, peserta yang terjun ke dunia kerja atau kerja mandiri, mengerti tentang BPJS Ketenagakerjaan.

Meski pendaftarannya melalui online, namun untuk masyarakat yang belum paham internet, dapat mendaftar langsung di BLK Fakfak, yang berlokasi di kompleks Bandara Torea Fakfak, depan Mapolres Fakfak yang baru. (wahyu HIdayat)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Samaun Dahlan Dukung Wacana “Lelang Jabatan” Ketua Takmir Masjid Agung Baitul Makmur

  Reporter : Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Ketua takmir Masjid Agung Baitul Makmur Fakfak, Papua ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *